Blog

Perkembangan Startup Bisnis di Indonesia

Dalam pengertian lain bisa dikatakan bahwa startup memberikan sesuatu yang baru dan belum pernah ditawarkan sebelumnya. Termasuk soal modal usaha, perusahaan startup ini bahkan bisa dimulai dengan modal kecil.

3 Hal Penting Tentang Startup Bisnis

Anda sedang mencari tahu tentang istilah startup?

Apakah anda cukup penasaran dengan istilah ini?

Istilah startup ini mem ang telah lama muncul pada tahun 90 sampai 2000-an.

Sebelumnya dalam pengertian sederhana dikenal dengan perusahaan yang baru berdiri.

Agar artikel ini lebih ilmiah kita akan gunakan rujukan definisi dari Wikipedia.

Definisi Startup Bisnis

Wikipedia menyatakan bahwa start-up adalah istilah yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com. Pada saat itu banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. ”

Sekalipun disebut sebagai perusahaan yang baru berdiri atau baru beroperasi, namun perusahaan ini berskala besar, dengan modal dan investasi yang juga tidak sedikit.

Dalam pengertian lain bisa dikatakan bahwa startup memberikan sesuatu yang baru dan belum pernah ditawarkan sebelumnya. Termasuk soal modal usaha, perusahaan startup ini bahkan bisa dimulai dengan modal kecil.

Istilah Startup identik dengan istilah teknologi informasi digital atau bidang internet dalam pengertian milenial. Pakar-pakar internet marketing lebih sering menggunakan istilah ini.

Jika boleh saya simpulkan dari pengertian diatas, bahwa startup adalah sebuah perusahaan yang telah berdiri dan sedang dikembangkan.

Lalu apa yang dikembangkan?

Karena istilah startup ini sering dipakai oleh para marketer dewasa ini maka, yang dikembangkan adalah pengembangan digitalisasi teknologi informasi perusahaan.

Pengembangan digitalisasi ini meliputi penyempurnaan jaringan internet, pengembangan website, perluasan jaringan mitra perusahaan via internet dengan Teknik S.E.O. dan peningkatan strategi digital marketing dan hal lain sebagainya.

History (Sejarah) Perkembangan Startup Bisnis di Dunia

Pada tahun 1939 di kawasan Silicon Valley tepatnya dua orang sahabat Bill Hewlett dan Dave Packard merupakan pelajar dari Stanford University mencetuskan untuk mendirikan perusahaan bidang teknologi HP.

Silicon Valley merupakan sebuah kawasan yang meliputi daerah San Fransisco, Bay Area, dan California yang dikenal sebagai kawasan industri teknologi informasi terbesar di dunia.

Kawasan Silicon Valley berkembang sebagai pusat perusahaan teknologi dunia karena banyak dijadikan tempat penelitian.

Sejarah kedua di awali oleh lahirnya Apple inc dan Google di Amerika serikat yang didirikan pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs.

Walaupun perusahaan ini baru secara resmi beroperasi pada tahun 1998, namun perusahaan ini telah menciptakan berbagai macam barang elektronik yang memiliki teknologi yang inovatif.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang elektronik seputar komputer, smartphone, tablet, dan sejenisnya.

Sedangkan Google yang bergerak pada bidang jasa dan produk internet meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring ini menjadi raksasa teknologi dunia.

Jika kita meruntut, ternyata penggunaan istilah startup muncul pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi informasi, website, internet, dan lainnya.

Hal ini terjadi karena istilah Startup sendiri mulai popular dan meluas diwilayah internasional pada masa buble dot-com.

Fenomena buble dot-com ada pada tahun 1998-2000.

Pada periode tersebut banyak perusahaan yang marak menggunakan domain dot-com didirikan secara masif.

Menurut kabar yang beredar bahwa pada masa itu hampir semua perusahaan gencar membuat website bisnis.

Seiring berkembangnya website hampir di semua perusahaan kala itu maka, berbanding lurus dengan minat bisnis berbasis internet, sehingga banyak para pebisnis baru yang muncul dan mulai mengembangkan bisnisnya lewat internet sehingga lahirlah istilah startup dan berkembang hingga sekarang.

Jika anda memiliki ciri-ciri ini, maka perusahaan Anda adalah perusahaan startup, simak karakteristiknya:

  • Biasanya beroperasi melalui website
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital

Kita bisa simpulkan bahwa startup berdasarkan karakteristik tersebut adalah perusahaan yang memiliki basis teknologi informasi yang telah menggunakan website sendiri dan beroperasi dibawah 4 tahun.

Perjalanan Bisnis Startup Indonesia

Industri digital memang menjadi lahan basah bagi para pebisnis di era milenial saat ini.

Tak ubah seperti hidangan makanan, bisnis digital semakin digandrungi,

…Itupun oleh pebisnis yang menghendaki kemajuan bisnis jangka panjang.

Baiklah kita mulai menyoroti startup bisnis di Indonesia sebagai bagian dari inspirasi bisnis anda dalam pengembangan yang positif dan terorientasi pada kemajuan teknologi informasi berbasis digital.

Dari data yang dikumpulkan oleh beberapa pakar survey, setidaknya terdapat lebih dari 1500 Startup bisnis yang ada di Indonesia.

Fenomena pengguna internet Indonesia yang semakin melonjak naik dari tahun ke tahun tentunya menjadi peluang untuk mendirikan sebuah Startup.

Bisa Anda bayangkan pengguna internet di Indonesia saat ini berdasarkan beberapa riset pada tahun diperkirakan mencapai 140 juta orang.

Tentu saja hal ini menarik minat para pelaku industry digital untuk membuka lahan bisnis secara besar-besaran.

Sebab peluang daya beli masyarakat pun semakin tinggi seiring informasi sebuah produk atau jasa yang sampai semakin cepat terasa oleh mereka.

Dengan berkembangnya media sosial dan teknologi smartphone, juga aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, hal ini menjadi salah satu acuan untuk membangun startup bisnis.

Syarat yang paling utama untuk mendirikan Startup bisnis adalah memiliki tim yang solid.

Sebab dengan kekuatan sebuah tim yang solid ini ide-ide baru yang kreatif dan inovatif  dalam startup bisnis akan muncul dan berkembang.

Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

Investor akan tertarik pada de-ide yang fresh dan benar-benar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat diluar keuntungan semata.

Baca juga: Startup Digital Marketing Harus Menghindari 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses

COMMPAS DIGITAL memudahkan anda para startup untuk membangun bisnis berskala besar pada bidang teknologi digital marketing, membangun website, dan pelayanan digital lainnya secara professional.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar