Blog

Mengenal 5 Perbedaan Website dan Landingpage

perbedaan website dan landingpage

Mengenal 5 Perbedaan Website dan Landingpage

Mengenal Perbedaan Website dan Landingpage

Landing page sebenarnya merupakan istilah yang telah lama eksis di dunia digital marketing. Tapi, masih banyak belum memahami perbedaaan antara landing page dan website.

Sekilas, kedua hal ini memang nampak mirip, sebab jika diperhatikan keduanya sama-sama mempresentasikan bisnis dan dapat dikatakan bahwa landing page adalah versi lebih sederhana dari website.

Tapi, sebenarnya kedua hal tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan landing page dan website yang akan kita mulai dengan definisi singkat terlebih dulu.

Saya menyarankan bacalah hingga selesai artikel singkat ini, selamat menikmati.

Definisi Website

Pengertian website adalah himpunan informasi yang berbentuk halaman-halaman dalam bentuk elektronik atau disebut pula web page.

Sebuah website umumnya terhubung pada sebuah alamat penunjuk yang spesifik. Alamat penunjuk tersebut dinamakan domain. Misalnya domain web ini adalah www.commpass.co.id atau www.zorgeo.id.

Website pada umumnya terdiri dari format kutipan-kutipan,teks, gambar, table, grafik, video,musik, musik, dan format visual lainnya yang menarik bagi pengunjung website tersebut.

Website dapat dibuat untuk tujuan khusus seperti misalnya untuk kepentingan sosial, hiburan, dan Pendidikan.

Website juga bisa berupa website pribadi, komersial, pemerintahan, dan website lainnya yang dibuat untuk kepentingan profit maupun non profitt yang dipublikasikan secara umum.

Definisi Landingpage

Landing page adalah seluruh bagian halaman yang dibuka oleh pengguna dengan mengklik sesuatu terlebih dahulu. Sebutan landing page tidak hanya pada website, tetapi sebutan juga berlaku pada platform lain seperti, iklan berbayar, media sosial, email dan sebagainya.

Landing page dirancang untuk mengarahkan pengunjung agar melakukan sesuatu secara spesifik. Sangat berbeda dengan halaman website berisi banyak link dan menu.

Meski berada pada satu website yang sama, landing page sebenarnya dibuat secara terpisah. Hal ini bertujuan untuk “menghindari” link atau menu lain yang bisa mengalihkan perhatian pengguna dari tujuan utama landing page tersebut.

Untuk lebih detailnya saya akan buat beberapa rangkaikan klasifikasi dari perbedaan website dan landing page berikut ini.

Desain
Seperti yang telah dijelaskan pada definisi dan wawasan diatas, bahwa website biasanya memiliki banyak menu yang memberikan informasi tentang suatu bisnis dengan sangat kompleks.

Lain halnya dengan desain pada landing page yang lebih sederhana dan hanya menjelaskan tentang apa yang didapatkan juga apa yang harus dilakukan secara jelas.

Jadi jika hendak membuat landing page, sebaiknya berikan informasi yang singkat dan padat, hindari informasi yang terlalu berbelit-belit.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa landing page yang baik adalah landing page yang berorientasi pada “action” yang akan dilakukan pengguna dan pencapaian konversi.

perbedaan website dan landingpage

Tujuan
Perbedaan yang paling signifikan dari website dan landing page adalah tujuannya.

Website dibuat sebagai page yang mempresentasikan bisnis, agar memudahkan seseorang untuk mengakses dan mencari informasi seputar bisnis yang dituju dan  tentunya mendapatkan banyak traffic.

Sedangakan landing page dibuat dengan tujuan yang lebih spesifik, misalnya untuk penawaran terbatas, mendaftar suatu event, mengumpulkan subscriber, menawarkan promosi produk, atau menyebarkan e-book.

perbedaan website dan landingpage

Audience
Website lebih mudah ditemukan dan memiliki audience yang luas karena dilihat dari sisi tujuan, website memang berfungsi untuk menjaring audience yang luas dan kompleks. Disisi lain, audience landing page lebih mengkerucut.

Biasanya saat seseorang mengunjungi landing page melalui link atau CTA (Call To Action) yang dibagikan dan memang tertarik dengan penawaran yang diberikan. Jadi, landing page dapat membantu Anda untuk mendapatkan audience yang lebih spesifik.

perbedaan website dan landingpage

Konten
Website biasanya memiliki beberapa halaman terpisah yang biasanya ada didalam menu, seperti home, profil, blog, about us, contact, pricing, artikel dll.

Konten yang ada di website cenderung lebih general, sedangkan konten landing page menawarkan sesuatu yang khusus dan biasanya hanya memiliki satu call to action.

Meskipun terkadang sebuah penawaran khusus dapat dimasukkan dalam website, landing page tetap diperlukan agar pengunjung langsung terarah pada satu tujuan dan tidak teralihkan pada konten yang lain.

Misalnya, ketika memberikan promosi diskon 50%, membuat landing page khusus untuk hal itu akan lebih baik dan lebih mudah dari pada menambahkan menu khusus di website.

perbedaan website dan landingpage

Itulah beberapa perbedaan website dan landingpage yang akan mengubah persepsi anda tentang kedua hal ini. Diharapkan setelah mengetahui tentang perbedaan website dan landingpage ini Anda dapat membuatnya dengan baik.

Sebab manfaat website dan landing page yang paling utama adalah untuk menyebarkan informasi melalui dunia digital. kurang lebih Ada 5 Manfaat Website untuk Perusahaan yang umum diketahui. Dengan adanya dunia digital yang bisa diakses melalui jaringan internet ini, maka arus pertukaran informasi dapat dilakukan secara internasional dan tidak terbatas oleh batasan tempat.

Jika saat ini anda belum dapat membuat website dengan baik namun membutuhkannya untuk peningkatan bisnis, maka COMMPASS DIGITAL siap membantu Anda dalam mewujudkan website dan landing page yang berdampak terhadap perluasan jangkauan market produk dan jasa milik Anda.

Baca juga: Manfaat Memiliki Website untuk Perusahaan

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar