Blog

Yuk Ketahui Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2019

Jualan di IG? Wajib Mengetahui Cara Kerja Alogaritma Instagram yang Terbaru

Jualan di IG? Wajib Mengetahui Cara Kerja Algoritma Instagram yang Terbaru

Bagaimana perkembangan cara kerja algoritma Instagram terbaru? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Bisnis online dewasa ini kian diminati oleh banyak orang karena kemudahan yang diberikan, baik dalam melakukan transaksi ataupun pembayarannya.

Salah satu media yang seringkali digunakan untuk bisnis online  adalah instagram. Sebelum Anda menggunakan platform ini sebagai media berdagang, penting bagi Anda untuk mengenal cara kerja algoritma Instagram terlebih dahulu.

Instagram tergolong dalam media sosial yang memiliki banyak pengguna. Berbagai fitur menarik bisa Anda jumpai di platform ini. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang memilih instagram untuk mempromosikan produk atau jasanya melalui konten visual yang dapat menarik banyak pembeli.

Memahami tentang cara kerja algoritma Instagram menjadi upaya yang harus kita lakukan untuk bisa memaksimalkan kinerja instagram sebagai media promosi yang sesuai dengan harapan.

Konten atau postingan yang berada di urutan teratas halaman beranda menjadi keuntungan tersendiri untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menempatkan foto produk atau jasa di urutan teratas.

Perkembangan Algoritma Instagram

Beberapa tahun terakhir, Instagram menjadi tempat yang strategis untuk berbisnis karena kita akan dipermudah dalam mendapatkan pengikut atau follower yang menjadi calon pelanggan yang berpotensi.

Sebagai pengguna, konten atau postingan yang pertama kali kita lihat pastilah konten yang berada di urutan teratas atau terbaru.

Awalnya, banyak orang yang mengeluhkan cara kerja algoritma instargram yang dianggap kurang memuaskan. Untuk itu, perbaikan terus dilakukan oleh instagram untuk memuaskan para penggunanya.

Bagi mereka yang terhubung dengan sebuah komunitas, maka akan lebih efektif dalam mendapatkan beberapa informasi berkaitan dengan kegiatan komunitas tersebut.

Melalui algoritma terbaru dari instagram membuat peningkatan jumlah pengguna, hampir 60% dalam 10 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma instagram terbaru mampu memberikan kemudahan dan sesuai dengan harapan banyak pengguna sehingga mereka lebih nyaman saat menggunakan platform yang satu ini.

Jualan di IG? Wajib Mengetahui Cara Kerja Alogaritma Instagram yang Terbaru

Cara Kerja Algoritma Instagram 2019

Instagram telah yakin meninggalkan urutan kronologis pada feednya dan lebih memilih untuk menggunakan algoritma sejak tahun 2006. Keputusan ini sempat menimbulkan kontroversi, tapi dengan Algoritma ini pengguna justru bisa melihat 90% postingan temannya dimana jumlah ini bertambah 50% sebelum menggunakan algoritma ini. Tidak heran jika banyak pengguna yang menghabiskan waktunya menggunakan instagram.

Sayangnya, instagram tidak pernah mengungkapkan bagaimana cara kerja algoritma yang digunakannya dalam menyusun feed penggunanya. Baru-baru inilah instagram menjelaskan cara kerja algoritma pada publik sehingga kita bisa lebih mengenal algoritma instagram. Namun Anda dapat membaca referensi tentang algoritma instagram melalui blog later.com

Berdasarkan penjelasan instagram mengenai cara kerja algoritma miliknya, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi apa yang pengguna lihat pada feed instagramnya, yaitu:

Frequency

Algoritma instagram terbaru mengkalkulasi dalam sehari berapa kali seorang pengguna mengakses apps instagram. Semakin sering mengakses apps instagram, maka semakin banyak jumlah postingan yang akan ditayangkan di beranda Anda. Begitupun sebaliknya, semakin jarang pengguna mengakses instagram, maka semakin sedikit postingan yang diperlihatkan. Dan postingan yang muncul di beranda penggunanya akan diprioritaskan postingan terbaik yang tayang terlebih dahulu.

Relationship

Instagram memperkirakan seberapa dekat pengguna dengan akun yang memposting konten tersebut dengan akun yang sering melakukan interaksi dengan pengguna. Rangking yang paling tinggi maka akan semakin sering muncul pada urutan pertama.

Recency

Instagram mengetahui postingan mana yang baru-baru ini kita bagikan atau postingan yang diprioritaskan untuk dilihat baru-baru ini. Algoritma instagram membaca perilaku penggunanya dan berupaya untuk menayangkan konten terbaik di beranda masing-masing pengguna.

Interest

Algoritma Instagram mampu memperkirakan seberapa pedulinya Anda sebagai pengguna terhadap topik dari sebuah postingan. Penilaian ini didapatkan dari respons pengguna terhadap konten yang serupa sebelumnya. Jika Anda sering like atau komen di postingan tentang makanan, maka kemungkinan besar Anda akan disuguhkan lagi konten yang serupa.

Following

Semakin banyak akun yang Anda ikuti, maka semakin kecil kesempatan Anda melihat postingan secara detail pada masing-masing akun sehingga Anda perlu mengunjungi akun tersebut untuk melihat semua postingannya. Karena tidak semua postingan terbaru dari akun yang Anda ikuti akan muncul di beranda instagram Anda.

Usage

Setiap orang menghabiskan waktu yang berbeda-beda dalam mengakses instagram. Semakin banyak waktu yang Anda gunakan untuk membuka instagram, maka postingan yang Anda lihat akan semakin banyak dan waktu ditunjukkan postingan juga lebih lama. Bisa jadi postingan berupa video akan muncul di timeline pengguna yang memiliki angka usage tinggi.

Anda mungkin tertarik untuk membaca 6 Strategi Jualan Laris di Instagram.

Bukan hanya mengetahui cara kerja Algoritma Instagram saja yang bisa dilakukan yang mempengaruhi tingkat penjualan, namun desain layout pun tak kalah pentingnya dalam menarik minat pengunjung instagram Anda. Cek artikel saya tentang Inspirasi Layout Instagram untuk Toko Online Anda Semakin Menarik Pembeli

Saat ini, instagram tidak mempertimbangkan opsi untuk pengguna memilih urutan kronologis. Hal ini dikarenakan instagram merasa jika adanya opsi justru akan membingungkan pengguna dalam mengatur feed.

Kesimpulan

Apabila Anda menggunakan instagram sebagai salah satu media pemasaran, maka ada baiknya bukan hanya sebatas posting saja. Namun cobalah untuk membangun interaksi dengan follower. Karena jika terjadi insteraksi maka akan semakin besar kemungkinan postingan produk Anda muncul di beranda mereka. Anda bisa mengawalinya dengan memberikan komentar di postingan orang lain dengan isi komentar yang sesuai dengan foto tersebut, bukan komentar ajakan membeli atau bersifat spamming lainnya.

COMMPASS DIGITAL adalah perusahaan yang menangani segala bentuk jasa manajemen Instagram yang telah memiliki SDM yang telah berpengalaman mahir dibidangnya. Membuat konten yang sesuai dengan produk atau jasa Anda, agar meningkatkan awareness dan brand positioning bisnis Anda di mata calon pelanggan.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Incoming search terms:

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar