Blog

Menemukan 3 Perbedaan Pebisnis dan Pedagang

fahami perbedaan pebisnis dan pedagang

Kekeliruan definisi Pebisnis dan Pedagang

Belajar Menjadi Pebisnis Bukan Sekedar Pedagang,- Pebisnis dan pedagang sekilas sama namun jauh berbeda, lalu bedanya dimana? Sebab sekian banyak orang  memahami bahwa pebisnis dan pedagang adalah sama, yakni sama-sama menjual suatu barang, sama sama memproduksi barang dagang atau jasa, sama sama melakukan transaksi keuangan dengan pihak pihak yang membutuhkan dan anggapan-anggapan lain sebagainya. Mungkin inilah yang akan menjadi patokan kita untuk mendefinisikan pebisnis dan pedagang.

Sementara itu jika kita mau sedikit memperlebar dan mendalami pembahasan, dari definisinya saja ternyata sudah berbeda.

Okey saya akan menawarkan kepada anda untuk membuka wawasan tentang perbedaan yang mendasar antara pebisnis dan pedagang, sehingga pada pelaksanaannya, Anda tidak salah kaprah dalam berperan.

Tujuan dibuatnya artikel ini saya kira positif sebab, Anda dapat mengetahui karakter Anda secara pribadi juga dapat menentukan potensi mengenai diri Anda sebenarnya. Apakah Anda seseorang yang cocok menjadi pedagang atau Pebisnis sebetulnya..? atau jangan-jangan anda cocoknya di air.. Hha..

Nah, saya akan mulai membuka pembahasan yang berangkat dari definisi dulu ya. yuk sambil seruput kopi.

Definisi Pebisnis dan Pedagang

Definisi Pebisnis

Pebisnis adalah dua orang yang sama-sama memiliki bisnis, sama-sama bekerja membangun bisnis dan mencari keuntungan. Pebisnis biasanya fokus terhadap apa yang mereka kerjakan saat ini. Pikiran mereka hanyalah bagaimana caranya mencetak profit sebanyak mungkin untuk memenuhi segala kebutuhan hidup dan rumah tangga.

Pebisnis sangat menitikberatkan pada keuntungan jangka Panjang, secara otomatis membutuhkan orientasi visi yang besar dan jauh kedepan. Menjadi pebisnis, harus mempersiapkan mental untuk melakukan investasi dalam jangka panjang dan memperhitungkan segala kemungkinan yang bisa terjadi setiap hari, setiap minggu, selama periode pengembalian modal (BEP) belum tercapai.

Pebisnis akan selalu mempersiapkan para karyawan untuk mengembangkan bisnisnya, sebab kedepannya akan menghadapi persoalan yang sangat kompleks dan tidak mungkin dapat dilakukan sendiri untuk hasil yang maksimal. Pebisnis juga pandai membuat organisasi bisnisnya sebab dia akan menjadi pemimpin dalam organisasinya tersebut.

Pebisnis biasanya menerapkan system manajemen desentralisasi yang nantinya akan memudahkan dalam pengambilan keputusan sekalipun dirinya tidak ada ditempat, dan karyawan pun akan diberikan tanggung jawab untuk melakukan pengembangan terhadap bisnisnya. Mendelegasikan bisnis berarti memberikan kepada karyawan sebagian wewenang dalam pengambilan keputusan sesuai wilayah kerja dan secara otomatis karyawan pun ikut terlibat dalam ranah tanggung jawab terhadap maju mundurnya sebuah bisnis.

Definisi Pedagang

Pedagang adalah orang yang melakukan perdagangan, memperjualbelikan barang yang tidak diproduksi sendiri, untuk memperoleh suatu keuntungan, inilah yang wikipedia paparkan dalam mendefinisikan pedagang.

Titik berat pedagang terletak pada hasil atau keuntungan yang instan dan hasil tersebut langsung dinikmati sebagai pengeluaran jangka pendek.

Pedagang seringkali menilai dirinya telah melakukan bisnis, padahal mereka belum ke tahap tersebut. Mental seorang pedagang -yang bepikiran jangka pendek- tidak akan mampu menghadapi tekanan dalam dunia bisnis yang sesungguhnya. Pedagang menginvestasikan uangnya untuk jangka pendek, sehingga perputaran uangnya cepat, bahkan sangat cepat.

Pedagang biasa bekerja sendirian. Jikapun mempunyai karyawan, biasanya hanya karyawan yang dia persiapkan untuk membantu pekerjaannya saja, bukan sebagai pengembang usahanya. Sistem manajeman yang diterapkan adalah sistem sentralisasi, diamana semua simpul manajemen mengarah hanya pada dirinya sendiri.

Disadari atau tidak kabar tentang pebisnis dan pedagang masih dianggap sama, iya sama karna menjual sebuah produk, sama-sama mencari keuntungan, namun paparan diatas telah memberikan pemaparan yang jelas dimana letak perbedaan antara pebisnis & pedagang.

Untuk anda yang hendak memulai berbisnis, jangan sampai anda keliru dalam bersikap. Di era digital ini anda perlu menyusun strategi yang baik dan terarah seperti yang sudah saya paparkan pada cara membuat marketing plan di media sosial mulai dari nol.

Setelah membaca artikel ini hendaknya anda bisa menentukan jalan hidup anda apakah cocok berbisnis atau berdagang, sehingga anda menentukan langkah-langkah strategi berikutnya untuk perbaikan hidup di masa mendatang, tentukan pilihan saat ini juga diantara pebisnis dan pedagang.

Untuk anda yang membutuhkan informasi tentang bisnis dan digital marketing, anda bisa langsung berkonsultasi dengan COMMPASS DIGITAL sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengelolaan media sosial, web developer, dan event organizer.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


 

 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar