Blog

Cara Membuat Marketing Plan di Media Sosial Mulai Dari Nol

Cara Membuat Marketing Plan di Media Sosial Mulai Dari Nol

Marketing Plan di Media Sosial – Seorang pemula biasanya kebingungan dalam menentukan strategi marketing di media sosial pada mulanya. Ibaratnya seorang pemula yang mencoba mengendarai sepeda motor pertama kali, kemungkinan besar akan mengalami kesulitan. Perlu latihan rutin agar mahir menjaga keseimbangan dan bisa cepat beradaptasi dan reflek jika dalam perjalanan terjadi hal-hal yang sifatnya mendadak.

Anda mungkin belum memahami apa yang seharusnya dilakukan, karena kondisi Anda masih terlalu awam tentang seberapa besar seharusnya  tarikan gas untuk mengawali perjalanan, posisi kaki, dan menekan tuas rem yang masih Anda raba untuk mengetahuinya.

membuat marketing plan di media sosial dari nol

Tentunya Anda akan merasa sangat bahagia ketika Anda berhasil menunggangi sepeda motor dengan lancar dan selamat sampai pada tujuan. Namun saat ini Anda belum memahami tentang bagaimana memulai latihan untuk mencapai tujuan tersebut.

Permisalan ini memberikan gambaran kepada Anda, bahwa  dalam menentukan marketing plan di media sosial pun perlu ada latihan dan proses. Terlebih lagi jika Anda hendak memulainya dari nol Anda akan merasakan kebingungan yang luar biasa.

Untuk Anda yang saat ini baru mencoba pindah dari bisnis offline ke bisnis online sangat tepat sekali ketika memutuskan untuk membaca dan memahami seluruh isi dari artikel ini. Sebab kali ini akan mengarahkan Anda untuk mengetahui bagaimana Cara Membuat Marketing Plan di Media Sosial Mulai Dari Nol yang tentunya akan membantu Anda dalam menumbuhkembangkan bisnis yang Anda tekuni saat ini.

Tahapan Marketing Plan Media Sosial

Membuat marketing plan di media sosial harus dibangun dari tahap dasar dan ini merupakan proses perjalanan yang setiap tahapnya harus dipahami dan dioptimalkan dengan baik.

Tahap 1 : Memilih platform media sosial yang sesuai dengan target market Anda

Perjalanan bisnis offline Anda mungkin sudah berjalan lama, dan kemungkinan besar Anda telah memiliki biodata lengkap (nama, contact person, alamat dan sebagainya) rekanan bisnis atau pelanggan tetap dan beberapa pelanggan yang pernah bertransaksi dengan bisnis Anda, data-data ini bisa Anda simpan sebagai bahan dasar penentuan strategi marketing kedepannya.

Terlebih dahulu Anda bisa melakukan riset untuk menemukan platform media sosial yang mana yang kiranya memiliki peluang lebih baik untuk mempercepat perkembangan bisnis Anda.

Sebab saat ini media sosial begitu beragam jenisnya. Dari platform media sosial yang ada saat ini memiliki keunikan tersendiri, fitur-fitur tersendiri, style desain tersendiri, juga kebiasaan pengguna yang berbeda-beda. Tentu saja Anda harus jeli memilih jejaring sosial mana yang sekiranya pas dengan strategi dan target yang hendak Anda terapkan di media sosial.

Berikut beberapa pertimbangan yang harus menjadi perhatian Anda dalam pengelolaan media sosial

Basis : skill dan personel tim seperti apa yang harus Anda miliki. Untuk mengelola Instagram misalnya, Anda membutuhkan gambar yang baik dan suguhan foto yang menarik apalagi platform medsos seperti facebook sangat menekankan kualitas konten yang memiliki tingkat viral lebih tinggi.

Waktu : berapa lama waktu yang akan Anda sediakan untuk pengelolaan platform sosial ini? Alangkah baiknya luangkan waktu minimal 1 – 2 jam per hari. Untuk Anda melakukan pengamatan dan mempelajari kebiasaan pengguna media sosial di semua platform.

Audiens : Anda harus mempunyai perkiraan yang tepat dimana calon pelanggan Anda sering berkumpul dan berada di dunia maya. Apakah di group facebook atau di postingan akun-akun publik instagram.

Anda bisa menjadikan penelitian audiens dari Pew Research sebagai referensi. Penelitian ini memiliki data lengkap dari demografi platform media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, pinterest, & linkedIn.

Tahap 2 : Mengisi semua form biodata profil Anda secara lengkap

Anda harus mengisi biodata profil dengan lengkap sebagai bagian dari profesionalisme juga menancapkan branding perusahaan Anda sehingga akan berdampak pada tumbuhnya kepercayaaan calon customer ketika hendak bersinergi.

Sebagai bagian dari strategi pengenalan perusahaan pada platform media sosial Anda perlu konsisten dalam desain visual yang nantinya akan membantu Anda dalam menciptakan karakter perusahaan Anda sehingga mudah dikenal oleh pengunjung.

Misalnya Avatar pada facebook Anda disesuaikan dengan avatar twitter dan dicocokan pula dengan website Anda. Untuk membuat desain gambar ini, Anda perlu mengetahui ukuran grafik yang Anda akan buat untuk jejaring social Anda dengan menggunakan tools yang memudahkan dan menhasilkan gambar berkonsep baik seperti Canva.

Tahap 3 : Optimalkan postingan Anda

Pertama Anda harus menetapkan waktu untuk posting, postinglah pada waktu-waktu produktif dengan traffic kunjungan yang tinggi yakni saat dimana orang-orang menghabiskan waktunya lebih lama bersama gadgetnya. Seperti pada jam istirahat kerja, jam pulang kerja, dan tergantung analisis yang Anda lakukan berdasarkan media sosial experience lainnya tentang perilaku audiens secara individual maupun kelompok.

Berikutnya, berapa banyak total posting yang akan Anda bagikan perharinya? Jumlah posting ini akan disesuaikan dengan strategi waktu yang Anda akan tetapkan tadi. Maka konten postingan pun harusnya sudah Anda siapkan terlebih dahulu. Buatlah timeline konten untuk memudahkan Anda mengelolanya.

Tahap 4 : Analisa hasil kerja

Untuk menganalisa pencapaian marketing diperlukan beberapa hal yang semestinya menjadi perhatian utama bagi Anda. Untuk mengetahuinya lebih jelas, silahkan lanjutkan untuk membaca penjelasan berikut.

Menentukan Benchmark

Setelah kurun waktu tertentu misalnya satu atau dua minggu posting konten sudah Anda lakukan, maka Anda dapat melihat hasil atau report statistik mengenai jumlah komentar, like, & share pada setiap postingan Anda. Dari data tersebut Anda mendapatkan angka-angka statistik yang akan menjadi dasar penentuan strategi seperti apa yang akan dibuat kedepannya, sehingga angka-angka ini menjadi acuan untuk pertumbuhan marketing pada periode berikutnya.

Menguji hal-hal baru.

Anda harus menyadari bahwa Ide-ide Anda dalam memilih konten itu tidak terbatas, dan sangat luas, jangan ragu untuk membuat sesuatu hal yang baru  sebab jika fikiran Anda terbuka dan terus dikembangkan apalagi dikonsultasikan dengan perusahaan pendamping yang bergerak dibidang digital marketing, boleh jadi konten yang Anda buat akan jauh lebih bernilai dan mempunyai gimik tersendiri saat pengunjung melihat konten yang Anda sajikan.

Butuh Jasa Pengelola Akun Media Sosial?

Jalan terbaik bagi Anda yang benar-benar ingin mengembangkan pemasaran bisnis melalui media sosial adalah memilih bermitra dengan perusahaan yang sudah memiliki kompetensi yang memadai dalam hal pengelolaan dan marketing di media sosial. Salah satunya adalah COMMPASS DIGITAL, sebagai salah satu perusahaan yang sudah memiliki pengalaman mengelola berbagai akun media sosial untuk pengembangan bisnis, baik skala kecil, menengah maupun skala besar.

Baca juga: Cara Menggunakan Halaman Facebook untuk Bisnis

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Incoming search terms:

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar