Blog

4 Strategi Ampuh Membangun Personal Branding di Media Sosial

contoh personal branding di media sosial, contoh personal branding statement, contoh narasi personal branding, strategi personal branding, contoh tulisan personal branding, pertanyaan tentang personal branding, perusahaan personal branding, bidang personal branding,

Membangun Personal Branding di Media Sosial

Membangun personal branding di media sosial,– Tanpa anda sadari saat ini media sosial telah mengambil alih ranah promosi pribadi disetiap sisi kehidupan anda.

Kemampuan internet dalam menyisir selah-selah aktivitas kehidupan manusia memang sudah cukup sempurna, sebab pengaruhnya begitu besar hampir di semua tingkatan masyarakat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan mudahnya kita mengetahui aktivitas seseorang dari media sosial.

Dengan memanfatkan media sosial seseorang dapat dikenal oleh banyak kalangan. Inilah personal branding.

Pengertian Personal Branding

Personal branding adalah proses dimana seseorang dan karirnya dimerekan sebagai satu brand. Brand sendiri dapat diartikan sebagai penyimbolan segala sesuatu yang berhubungan dengan informasi mengenai suatu perusahaan, produk atau jasa (sumber wikipedia).

Dengan memiliki kreativitas konten yang bermutu dan unik menurut netizen seseorang dapat berdiri tegak dan jika hal ini terus menerus dilakukan maka akan berpotensi menjadi public figure dikemudian hari.

Hadirnya handphone dengan canggihnya SMS telah meluluhlantahkan peran strategis telegram, seiring perkembangannya kini handphone pun memiliki potensi untuk menghapus kamera saku.

Praktik Selfie pun tak luput dari pembahasan para pakar sebagai bagian dari lahirnya satu fenomena yang unik seiring perkembangan yang terjadi pada teknologi handphone.

Seseorang akan mudah mengirimkan satu momen pribadi dari satu tempat melalui jejaring sosial sehingga orang lain yang berada ditempat berbeda dapat melihatnya.

Tanpa anda sadari hampir seluruh fenomena fenomena ini telah diambil alih oleh media sosial yang canggih. Sehingga dengan kecanggihannya dapat memfasilitasi kebutuhan para penggunanya dan tak jarang muncul ungkapan bahwa media sosial adalah tempat bertemunya penduduk bumi.

Namun kita pun dituntut untuk lebih bijaksana dalam bermedia sosial, sebab tak jarang seseorang bisa terjatuh martabatnya saat tidak bijak dalam menggunakan media sosial.

Lalu bagaimana Anda memperoleh nilai tambah dari keberadaan anda di media sosial?

Tentu saja sebuah eksistensi dan pengakuan dari pengguna media sosial lainnya yang anda bisa dapatkan saat anda terlibat didalamnya. Eksistensi anda merupakan representasi anda terhadap lingkungan sekitar.

Tentu saja anda membutuhkan karakter pribadi yang khas sebagai ciri identitas dan sebutan popular untuk membentuk jati diri anda di media sosial maka, istilah ini dinamakan Personal branding

Pengertian istilah personal branding, adalah posisi peran kehidupan jati diri seseorang, berkaitan dengan identitas pribadi seseorang, seperti latar belakang pendidikan, karir, profesi, hobby, dan jabatan.

Personal branding itu memiliki ranah yang cakupannya cukup luas , terkait tanda pengenal seseorang terhadap dunianya yakni,  bisa tentang hobby kegemaran, tentang kegiatan, tentang komunitas, dan lain lain.

Adapun manfaat personal branding adalah pengenalan diri kepada siapapun yang menemukan halaman identitas seseorang pada media sosial.

Branding dan Personal Marketing

Bagaimana memperkenalkan merek diri Anda dengan cara online ?

Dibawah ini akan disampaikan referensi beberapa cara atau trik membangun personal branding di media sosial.

Melakukan reposisi merek diri untuk mengambil manfaat positif bagi kepentingan diri sendiri, keluarga dan pekerjaan.

Manfaat positif media sosial bisa mengarah pada reposisi merek diri pada kehidupan sosial Anda (Branding dan Marketing).

“Menjual diri” dalam arti positif untuk memegang peran berbagai kepentingan Anda, menyangkut siapa Anda, karir pekerjaan Anda, posisi peran kehidupan sosial Anda.

Sejarah Singkat Media Sosial

Apakah ada yang masih ingat Friendster?. Sekitar tahun 2002 friendster menjadi raja sosial media, namun kelahirannya saat itu belum ada dukungan perangkat canggih ponsel.

Sebelumnya ada SixDegree dan Classmates, dengan peran menonjol dari GeoCities sebagai web hosting. GeoCities menjadi tonggak awal muncul dan berkembangnya website.

Selain SixDegree dan Classmates, yang mengambil jalur bisnis sosial media, terdapat nama website Blogger, yang menyediakan fasilitas untuk membuat halaman website pribadi.

Saat itu Friendster menjadi sosial media paling dominan dan fenomenal.

Setelahnya bermunculan berbagai sosial media dengan karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.

Artinya sama seperti telegram. Friendster telah terkubur seleksi alam. Saat ini dunia media sosial didominasi oleh facebook, twitter, google+, linkedin, dan banyak lagi.

Jika Nama Anda adalah Dernis, dan punya bisnis tentang sepatu, maka lakukan upaya personal branding, agar apabila seseorang ketik “Dernis” atau ketik “Sepatu” di mesin pencarian google misalnya, yang muncul di urutan atas halaman pertama hasil penelusuran google, adalah daftar jaringan media sosial Anda dengan informasi lengkap bisnis sepatu Anda.

Maka, Anda harus bersegera melakukan reposisi merek diri atau personal branding di media sosial.

Lalu Bagaimana Anda mengawali dalam membangun personal branding di media sosial?

Pemaparan berikut ini semoga bisa membantu anda dalam membuka wawasan atau inspirasi tentang siapa sebenarnya Anda? Sehingga anda dapat membangun personal branding di media sosial dengan mudah.

Berikut Ini 4 Strategi Ampuh Membangun Personal Branding

Keahlian dan Hobi

Anda tentu memiliki banyak skill, kemampuan diri, kelebihan yang hanya Anda yang mengetahuinya.

Namun diantara semua itu, tentukan hal yang membuat Anda sebagai “yang terbaik”, dan memiliki “nilai beda” dari yang lain sehingga dalam membangun personal branding di media sosial ini mudah terkonsep.

Maka cobalah mengurai contoh perihal diri Anda, dengan cara bertanya pada diri sendiri dan menerima jawaban jujur tentang diri Anda.

Intinya adalah Aku ingin menjadi “sesuatu” seperti yang kuinginkan, aku ingin dikenal dunia sebagai “sesuatu” itu, dan inilah “Aku” yang sebenarnya.

*     Apakah ada “satu hal” tentangku, yang kuterima dari semua yang mengenaliku.

*     Apakah ada “satu hal”, yang menarik minat gairahku, khususnya enam bulan atau satu tahun terakhir?.

*     Apakah ada “satu hal” di media sosial online, yang sering kupilih menjadi tempat menghabiskan banyak waktu luangku?.

Dari referensi jawaban jujur Anda, selanjutnya lakukan penelitian tentang topik materi “tentang Anda” tersebut, di beberapa media sosial (facebook, twitter, google+, linkedin, bloglovin, instagram, pinterest dan lain-lain):

*     Seberapa besar minat ketertarikan orang lain, terhadap hal yang sama dengan Anda.

*     Berapa banyak orang lain telah melakukan personal branding tentang hal itu.

*     Jika ternyata ada orang lain, selanjutnya lakukan sedikit penelitian tentang mereka (ambil 3 orang teratas) – Apakah terdapat kekurangan pada merek diri orang-orang itu?, disitulah peluang Anda untuk mengisinya.

Perlu diingat, bahwa tujuan melakukan personal branding, adalah sebagai media promosi diri, agar pihak lain tertarik tentang Anda, tertarik bergabung, tertarik mengajak, tertarik bersama, jadi pilihlah materi promosi diri dengan cara bijaksana, karena semua itu tentang Anda, tentang tujuan Anda, agar memperoleh nilai tambah manfaat positif dari kecanggihan peran media sosial.

membangun personal branding di media sosial

Memperbaiki dan Merapihkan informasi Profil Anda

Seperti merek produk terkenal, konsistensi adalah kunci membangun personal branding di media sosial.

Mulailah dengan melakukan memperbaiki profil media sosial Anda.

Apakah informasi tentang nama Anda, semuanya sama di semua jaringan media sosial?.

Jika saat melakukan penelitian terhadap nama pesaing, ternyata tidak memiliki konsistensi, maka Anda dapat mengambil kesempatan ini, karena dengan semakin mudah ditemukan oleh search engine, akan meningkatkan peringkat SERP Anda, dalam proses pencarian tunggal tentang nama Anda.

Peringkat SERP
(Search Engine Results Page), adalah peringkat pengakuan search engine terhadap suatu object pencarian.

Sebagai ilustrasi, silahkan coba – ketikan nama Anda di kotak pencarian search engine, bagaimana hasilnya?.

Apakah nama Anda menempati urutan teratas halaman pertama?, seberapa banyak halaman yang menampilkan identitas tentang Anda?, atau justru yang tampil adalah nama orang lain?.

Inilah salah satu manfaat personal branding.

Salah satu parameter keberhasilan personal branding adalah apabila nama Anda sudah tercantum dalam object populer pencarian, artinya baru Anda ketik 2 atau 4 huruf, ternyata nama Anda sudah tercantum di kotak pencarian. (contoh : coba ketikan joko, maka sudah muncul daftar kalimat dibawahnya dengan awalan jokowi berikut dengan parameter lain yang populer melekat pada nama itu).

Selain identitas nama Anda, point penting lain adalah latar belakang (background) halaman website media sosial Anda.

Seperti tamu saat masuk rumah Anda, maka informasi visual rumah, adalah kesan pertama tamu tersebut tentang Anda.

Perbaiki konsistensi latar belakang halaman web situs Anda pada semua media sosial, tampilkan sebaik mungkin tentang Anda kepada dunia. Jika Anda berbisnis batik, tampilkan karakter batik kesukaan favorit Anda.

Para remaja yang memiliki hobi acara cosplay (meme kartun Jepang), tampilkan figur favorit Anda.

Jika Anda penggemar otomotif, photografi, fashion, sport, wisata, apa saja, maka tampilkan Anda agar dikenal dunia.

Konsistensi artinya bukan sekedar posting untuk penghias beranda media sosial Anda. Konsistensi adalah ketekunan dalam menampilkan kreatifitas cerdas melalui topik menarik, dan enak dilihatnya.

Anda secara periodik bisa merubah tata letak, namun tetap konsisten tentang hobi kegemaran, tentang bisnis, tentang tujuan Anda.

Tujuan konsistensi penampilan profil Anda, agar audiens Anda tidak bosan. Misalnya, mengubah bahasa antara Facebook dan Twitter posting menyertakan hashtag populer di Twitter!.

Baca juga : 4 Inspirasi Layout Instagram untuk Toko Online Anda Semakin Laris

Inspirasi Layout Instagram untuk Toko Online Anda Semakin Menarik Pembeli

Melakukan Posting Periodik Konten Anda

Materi artikel posting adalah komponen utama personal branding.

Semakin sering mengirim posting konten Anda, semakin banyak hasil manfaat tentang “pengakuan” keberadaan Anda.

Komponen utama memiliki dua mata fungsi terhadap Anda.

Apabila konsistensi materi posting Anda untuk media publik, tetap terus terjaga dan memiliki daya tarik, maka “pengakuan” terhadap materi tersebut semakin meningkatkan peringkat Anda.

Misal Anda bakat hobi tentang fashion.

Anda konsisten tiap rabu dan sabtu pagi melepas materi berkaitan fashion ke publik, upayakan materi tampil menarik perhatian.

Bergabung forum komunitas yang memiliki konten sama, untuk menjangkau lebih banyak orang lain.

Sangat penting untuk membuat target audiens, yang memiliki ketertarikan terhadap topik konten Anda, hal ini semakin meningkatkan peringkat personal branding Anda, jadi coba hal berikut ini:

*     Penuhi sekeliling diri Anda dengan para pribadi orang sukses yang Anda kenal lewat media sosial, sebagai upaya memberikan tambahan nilai kepercayaan publik kepada Anda.

Manfaatnya adalah meningkatnya influencer di media sosial Anda. (untuk upaya keamanan, jika Anda tertarik untuk mengenal seseorang di facebook, atau twitter, selidiki dulu identitasnya di media sosial linkedin atau sebaliknya).

*     Temukan mentor, dan upayakan komunikasi dua arah misal dengan meminta saran. . Intinya berikan sebanyak yang Anda bisa.

*     Terutama di jaringan media sosial seperti LinkedIn dan Google+, Anda akan menemukan postingan kelompok konten yang sesuai konten Anda, ambil manfaatnya untuk menjangkau influencer lain, dan mendorong tumbuh materi konten Anda.

*     Buatlah diri Anda selalu tersedia untuk teman-teman dan komunitas Anda.

*     Bergabung dalam percakapan. Terlibat dalam diskusi, seputar topik konten Anda dengan konsisten.

Inspirasi Layout Instagram untuk Toko Online Anda Semakin Menarik Pembeli

Membalas dengan cepat notifikasi yang masuk

Kebenaran survey menyatakan 55% pengguna yang melakukan tweet personal branding, mengharapkan respon kurang dari satu jam.

Untuk membantu melacak pemberitahuan, silahkan memanfaatkan fasilitas media sosial. Setiap platform media sosial akan mengirimkan pemberitahuan via email, dan banyak lagi jalan atau cara untuk menerima mereka.

Masih banyak teknik cara membangun personal branding di media sosial, dan ambil manfaat kecanggihan media sosial sebagai salah satu strategi teknik pemasaran bisnis Anda.

Kesimpulan Membangun Personal Branding

Siapa diri Anda?, Apa tujuan personal branding Anda?, Ambil manfaat positif dari kecanggihan hebat pengaruh media sosial, seperti mencari teman, mencari relasi bisnis, membangun karir, membangun bisnis, membangun komunitas, itulah beberapa cara cepat membangun personal branding di media sosial.

Untuk itu semua, maka usahakan dan segera lakukan. Setiap hasil besar dimulai dari langkah kecil. Membangun personal branding tidaklah instant, perlu waktu dan juga proses yang ditekuni secara konsisten.

Anda dapat juga membangun kolaborasi dengan Commpass Digital dalam membangun personal branding. Dengan menggunakan jasa dari Commpass Digital, membuat Anda tetap fokus dengan tujuan utama. Seperti membangun relasi dan juga menggali potensi diri. Karena pekerjaan teknis urusan personal Branding sudah dikerjakan oleh tim khusus Commpass Digital
[table id=1 /]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *