Blog

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama,- Harapan setiap orang jualan adalah begitu buka langsung laris. Tapi pada kenyataannya tidak selalu seperti itu. Memang ada penjual yang begitu buka toko jualannya langsung laris. Namun tidak sedikit pula yang sudah berhari-hari buka jualannya tak kunjung terjual juga seperti yang dialami web zorgeo footwear ini.

Pertanyaannya mengapa bisa seperti itu? Berdasarkan pengalaman kami, penyebabnya hal ini bukan pada produk/jasa yang kita jual. Melainkan pada bagaimana kita memasarkan dan menjual produk/jasa tersebut.

Jika kita memasarkan dan menjual dengan cara yang tepat dan benar maka kemungkinan besar produk/jasa kita ada yang beli. Begitu juga sebaliknya, kalau kita memasarkan dan menjual produk/jasa dengan cara yang salah, jangankan ada yang beli, melirik saja tidak.

Berikut ini setidaknya ada 6 alasan mengapa jualan Anda tidak ada yang beli. Berikut ulasan 6 Kesalahan Jualan Online Ini :

Tidak Konsisten

Konsisten ini berhubungan dengan brand. Dan konsistensi ini adalah kunci dari pemasaran supaya mereka bisa membedakan kita dengan yang lain dan setia dengan kita.

Setiap hari calon pembeli dan pelanggan melihat produk yang dijual oleh orang lain. Sehingga dengan mudah mereka akan melupakan kita. Maka dari itu kita butuh konsistensi di semua saluran pemasaran kita.

Kalau di website kita pakai warna biru, maka di kartu nama, logo, desain proposal dan lain sebagainya juga harus konsisten menggunakan warna biru. Tujuannya untuk memberikan kesan. Kalau kesan sudah terbentuk maka dengan mudah pelanggan mengenali produk dan bisnis kita.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

CS yang Tidak Responsif

Alasan berikutnya adalah CS tidak responsif. Kalau target market kita sudah tepat, produk/jasa yang dijual juga dibutuhkan oleh banyak orang dna UX website bagus, tetapi kalau CS kita tidak responsif, kemungkinan juga tidak akan terjadi penjualan.

Sebagai contoh, ada calon pembeli yang menghubungi kita hari ini jam 9 pagi. Tetapi kita membalasnya jam 21.00 atau jam 10.00 tetapi di hari berikutnya. Jelas ini akan membuat calon pembeli menunggu, padahal mereka jawaban yang cepat dan responsif.

Maka dari itu kita butuh standar waktu dalam melayani pelanggan ini. Setidaknya maksimal 15-20 menit setelah calon pembeli menghubungi, kita harus sudah membalasnya. Sehingga tidak mengherankan jika respon time menjadi salah satu hal yang ditampilkan di dalam sebuah toko pada marketplace. Karena ini penting untuk membuat calon pembeli tahu bagaimana kita melayani mereka.

Namun saat itu terjadi anda bisa Melayani calon pembeli online yang terlanjur kecewa dengan teknik yang berada pada link ini.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Buruknya User Experience

Website itu ibarat toko kita di dunia online. UX di dalam website itu ada banyak sekali macamnya, seperti navigasi, pemilihan warna dan font, waktu loading, kemudahan dalam menemukan apa yang dicari dan lain sebagainya.

Kalau semua hal terkait UX ini buruk dalam website kita, maka tidak akan ada yang membeli sekalipun target marketnya sudah tepat dan mereka juga butuh produk kita. Karena UX itu berhubungan dengan kenyamanan pengguna, sehingga kalau calon pembeli sudah tidak nyaman, maka mereka tidak akan jadi beli.

Maka dari itu kita harus benar-benar memikirkan UX pada website kita. Navigasi yang jelas, desain website yang sederhana dan bersih (clean), waktu loading yang cepat, font yang mudah dibaca perlu kita perhatikan lagi.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

 

Kesalahan Segmentasi Pasar

Alasan yang pertama dan yang paling menentukan mengapa jualan Anda tidak ada yang beli adalah salah target market. Target market adalah kumpulan orang yang kita sasar dimana mereka mempunyai kemungkinan yang besar akan membeli produk/jasa yang kita jual.

Kalau kita salah dalam memilih memilih target, maka konsep lainnya juga akan mengalami kesalahan. Karena pada dasarnya kita tidak bisa menargetkan semua orang dalam menjual produk/jasa kita.

Sebagai contoh, kita mau jualan berlian berkualitas bagus. Karena salah mengidentifikasi dan memilih target market maka penempatan tokonya bisa salah juga. Dengan pertimbangan harga sewa yang murah kita kemudian buka toko di pasar tradisional. Memang ada yang tertartik melihat dan masuk ke dalam toko, tetapi kalau untuk membeli peluangnya sangat kecil.

Berbeda jika kita paham dan tepat dalam memilih target market. Kita akan memilih penempatan tokonya di Mall atau yang sering dikunjungi oleh orang-orang kaya. Dengan demikian peluang terjual berlian kita cukup tinggi jika dibandingkan buka toko di pasar tradisional.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Produk Yang Tak Diinginkan Konsumen

Alasan kedua mengapa jualan kita tidak ada yang beli adalah karena produk/jasa tidak sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan pelanggan.

Kalau kita sudah tepat dalam memilih target market, namun mereka tidak butuh dan tidak menginginkannya, maka juga tidak akan terjadi penjualan.

Namun jika target marketnya tepat dan mereka juga butuh atau menginginkannya, penjualan saja bisa terjadi. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengenali apa yang menjadi masalah dari target market kita. Setelah tahu apa masalah mereka dan apa yang mereka butuhkan, kita sediakan solusi yang relevan.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Audiens Tidak Tahu Siapa Anda

Alasan terakhir mengapa jualan Anda tidak ada yang beli adalah karena calon pembeli tidak kenal siapa Anda. Mudahnya begini, ada dua orang penjual yang jualan produk yang sama dan Anda sedang butuh produk tersebut. Yang satu adalah tetangga kita, penjual kedua adalah orang asing yang kebetulan lewat.

Dari dua orang ini siapakah yang akan Anda pilih untuk Anda beli produknya? Kemungkinan besar kita akan memilih tetangga kita bukan?

Begitu juga dengan Anda yang jualan online. Sangat penting calon pembeli itu mengenal siapa kita sebelum dia membeli.

Caranya bagaimana?

Caranya adalah dengan mengoptimalkan halaman about di website serta menampilkan testimoni dari orang-orang yang pernah membeli produk/jasa kita. Terutama orang-orang berpengaruh dan punya authority yang tinggi, seperti artis, publik figur, pejabat, pengusaha terkenal dan lain sebagainya. ini cara efektif dalam meminimalisir kesalahan jualan online.

Baca juga: 5 Kesalahan Menulis Iklan, yang Harus Dihindari.

Hindari 6 Kesalahan Jualan Online Ini Jika Tak Ingin Bangkrut di Tahun Pertama

Itulah 6 alasan mengapa jualan kita tidak ada yang beli. Bersegeralah untuk menhindari kesalahan jualan online tersebut saat ini juga, dan pastikan anda menyimak artikel tentang

COMMPASS DIGITAL adalah solusi untuk perusahaan anda yang baru saja akan memulai dalam bisnis online dengan memulai menggunakan strategi marketing sebagai salah satu Teknik promosi bisnis di interne, copywriting menulis judul iklan adalah salah satu keahlian kami.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar