Blog

5 Manfaat Website untuk Perusahaan

5 Manfaat Website untuk Perusahaan
Sir Tim Berners-Lee – Pelopor lahirnya Website

5 Manfaat Website untuk Perusahaan

Membahas Manfaat Website untuk Perusahaan memang cukup penting. namun sedikit sekali orang yang peduli dengan hal ini.

Padahal hal yang mendasar dapat menjadi petaka jika terlewatkan begitu saja maka, kita akan mulai dari definisi website dan sejarah singkatnya untuk selanjutnya akan dipaparkan sejumlah manfaat website.

Sehingga akan diharapkan, seelah membaca artikel ini anda terbuka fikirannya untuk cepat-cepat memiliki website baik personal maupun perusahaan.

Definisi Website

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen (server) yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. (Wikipedia)

Sejarah Website

Website diperkenalkan pertama kali oleh Tim Barners Lee yang membuat proyek World Wide Web pada tahun 1989 sebagai alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan di berbagai belahan dunia dan Tanggal 6 Agustus ditandai sebagai hari lahirnya website yang dibuka untuk publik

Pada 6 Agustus pula Tim Berners Lee baru berinisiatif membuka website untuk publik. Kemudian ia mendirikan World Wide Web Consortium pada tahun 1994, yang berfungsi sebagai guideline untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang website dan mengembangkan protocol website.

Diketahui terdapat sekitar 2.738 website yang terdaftar dan aktif di tahun 1994. Hingga di tahun 2017 setidaknya terdapat sekitar 1,7 milyar website yang aktif. Manfaat Umum Membangun Website.

Di awal pembuatannya website hanya dimanfaatkan untuk alat pertukaran informasi para ilmuwan di perguruan tinggi. Namun, sepanjang sejarah website mengalami perubahan fungsi sesuai kebutuhan masyarakat.

Website dimanfaatkan untuk tujuan lain seperti bisnis (Microsoft, IBM, dan Pizza Hut), organisasi (Amnesty International), lembaga pemerintah (White House), situs berita (The Telegraph dan The Economist), dan mesin pencari (Yahoo!) baru pada tahun 1994,

Saat ini website dapat dimanfaatkan untuk tujuan pribadi seperti menulis tutorial, menampilkan karya dan portofolio, atau berbagi pengalaman perjalanan. Kini website tidak eksklusif untuk perusahaan besar, organisasi ternama, atau pemerintah adidaya saja.

Keberadaan website pada akhirnya telah membawa segudang manfaat bagi siapa saja, dari mulai pemilik perusahaan besar hingga blogger.

Manfaat Website Untuk Perusahaan

Mendapatkan peringkat pertama di Google

Jika Anda adalah konsumen, apa yang dilakukan saat ingin membeli sesuatu atau mencari informasi secara online? Tentu saja terlebih dulu Anda akan mencari informasi langsung dari mesin pencari seperti Google, sebab search engine tersebut merupakan mesin pencari nomor 1 di dunia yang dapat memberikan informasi yang paling lengkap.

Hal ini senada dengan pernyataan hasil penelitian yang dilakukan AdWeek, ia mengungkapkan bahwa sebanyak 81 persen konsumen mencari informasi produk terlebih dahulu di Google, baru kemudian memutuskan pembelian. Dan Sudah menjadi kebiasaan para calon konsumen untuk mencari informasi produk yang akan dibeli melalui mesin pencari Google.

Bagaimana pendapat anda jika produk yang anda jual secara online tidak ada pada mesin pencari Google?

Tentu saja produk anda tidak akan dikenal oleh konsumen, sehingga pesaing barang sejenis dengan anda yang justru memperoleh keuntungan dari penjualan.

Website menjadi salah satu acuan bagaimana bisnis anda dikenal dan akhirnya terjadi transaksi yang lebih banyak dibanding tanpa website.

Lihat ketika kita klik satukata kunci, dengan website anda bisa melihat sebuah produk yang hendak anda cari tau informasinya. misalnya kata “sepatu”. lihat betapa peran dan manfaat website untuk perusahaan begitu besar.

manfaat website untuk perusahaan

Membangun dan mempertahankan Kepercayaan Konsumen

Manfaat website yang lain adalah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa 81 persen konsumen mencari informasi produk di Google dulu baru kemudian melakukan pembelian.

Dengan munculnya website Anda di hasil pencarian Google, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda akan meningkat.

Berdasarkan survey Verisign,65 persen pemilik bisnis mengatakan bahwa website membuat bisnis mereka lebih kredibel atau terpercaya. Bahkan 60 persen pemilik bisnis mengungkapkan, website adalah salah satu kunci sukses sebuah bisnis.

Menjadi Pusat Database Toko Online

Mungkin Anda sudah berjualan online di marketplace atau media sosial. Akan tetapi, Anda akan kesulitan untuk membangun merek jika hanya mengandalkan dua platform tersebut.

Media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu kanal marketing untuk mendorong calon konsumen di media sosial agar mengunjungi website toko online.

Sedangkan untuk marketplace, Anda dapat memanfaatkannya cukup sebagai cabang dari website toko online Anda. Sebab, di marketplace Anda hanya menumpang atau menyewa lapak dari pemilik marketplace. Jika ada masalah atau perubahan kebijakan di marketplace, tentu Anda harus mengikuti peraturan dari pemilik lapak tersebut.

Berbeda dengan website toko online mandiri karena Anda adalah pemilik toko, bukan sekadar menyewa lapak. Semua pengelolaan ada di tangan Anda sehingga tidak perlu khawatir mengenai kebijakan atau peraturan dari orang lain.

Simak contoh Website yang berbentuk toko online sebuah produk sepatu ternama, yang mungkin dapat menjadi referensi yang baik untuk anda.

Manfaat Website untuk Perusahaan

Memiliki Email dengan Domain Milik Sendiri

Dengan memiliki sebuah website Anda juga dapat memiliki email dengan domain website. Jadi alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis. Selain terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas Anda juga meningkat di mata pelanggan.

Fitur ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui email mana yang resmi dari perusahaan atau toko Anda. Jadi selain email dengan domain tersebut bukan email resmi perusahaan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah terhindar dari kejahatan penipuan yang mengatasnamakan perusahaan Anda.

Baca juga : 3 Strategi Utama Marketing Media Sosial

Sebagai Media Press Release

Perusahaan Anda memerlukan eksposur media sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Di website ini Anda bisa menerbitkan press release yang berisi berita kegiatan perusahaan, update produk, event perusahaan, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Jadi perusahaan Anda akan selalu terlihat aktif di mata pelanggan.

Demikianlah pemaparan tentang manfaat website untuk perusahaan yang diharapkan dapat bermanfaat untuk anda.

COMMPASS DIGITAL memiliki SDM yang kreatif dibidang pembuatan website, kami memenuhi kriteria web yang didambakan customer. Dengan bersinergi bersama perusahaan Anda, commpass digital akan memberikan wawasan lebih jauh dalam mengenal manfaat website untuk perusahaan. Sebagai konsultan digital marketing Commpass Digital menawarkan one stop solution kepada perusahaan Anda.

[table id=1 /]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *