Blog

5 Kesalahan Marketing Media Sosial yang Harus Dihindari

Fenomena Bisnis Berbasis Digital

Marketing Media Sosial – Perkembangan Sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube dan Twitter akhir-akhir ini menjadi sorotan para pebisnis terkait fungsinya dalam mengembangkan brand awareness sebuah bisnis produk atau jasa.

Hal ini menjadi catatan tersendiri tentang bagaimana menanggapi tantangan persaingan yang semakin meningkat diantara para pelaku bisnis, pasalnya ketika banyak pebisnis asal menggunakan media sosial, tanpa tahu hasil dan report data yang seharusnya bisa jadi acuan untuk strategi berikutnya ternyata diabaikan maka yang terjadi adalah ketertinggalan. Maka pastikan Anda bukan orang yang termasuk didalamnya.

Berbagai media sosial yang ada dan populer saat ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tidak bisa jika kita memperlakukan semuanya dengan cara yang sama. Istilah kerennya adalah algoritma. Yup! Antara facebook, twitter, instagram dan youtube memiliki algoritma media sosial yang unik satu sama lain.

Sekarang Saya akan ajak anda untuk menambah wawasan tentang bagaimana fenomena perkembangan bisnis berbasis digital yang saat ini marak diminati. Tertarik..?

Baik sebelum kita mulai mari kita awali dengan senyuman.

Berbicara marketing tentu saja membuka bahasan tentang bagaimana menciptakan jalur sebaran bisnis seluas-luasnya, sehingga bisnis Anda dikenal banyak orang, maka yang menjadi point pentingnya adalah mempelajari proses pencarian saluran pemasaran bisnis.

Banyak pebisnis yang masih keliru dalam menjalani proses pencarian atau penciptaan jalur pemasaran bisnis terutama dalam ranah marketing digital, dari informasi ini ada baiknya Anda mengetahui 5 Kesalahan Dalam Marketing Media Sosial yang harus dihindari berikut ini

Menyusun Konten Sosial Media Tanpa Arah

Setiap pekerjaan apapun hendaknya mempunyai tujuan yang jelas, dari tujuan ini akan terlahir rencana-rencana yang akan mendukung terwujudnya tujuan tersebut, tanpa perencanaan yang baik dan tersusun rapi maka kecil kemungkinannya tujuan yang diharapkan akan tercapai, kalaupun tercapai maka hasilnya tidak akan maksimal.

Seperti dalam menyusun konten social media, pertama anda harus memikirkan arah konten yang akan anda sajikan yang berbentuk tema bahasan sehingga konten koten yang akan dibuat baik caption banner atau konten video tidak terlepas dari tema yang telah ditentukan. Kedua anda harus menyusun timeline pekerjaan yang akan digarapa dala satu periode tertentu sehingga anda dapat menyusun titik titik bahasan yang bermuara pada konsep dan tema.

Mengabaikan Strategi Digital Marketing

Mengembangkan brand awareness perusahaan via Instagram tidak akan terlepas dari bagaimana langkah-langkah yang akan ditempuh atau kita sebut strategi digitalisasi marketing. Perannya sebagai salah satu penunjang keberhasilan memasarkan brand produk sebuah perusahaan menjadi menarik untuk dibahas, namun jika anda sebagai pebisnis ingin mengetahui tentang detail strateginya ia harus mau berkonsultasi pada perusahaan yang berkecimpung pada ranah ini cek pada artikel sebelumnya. Disana anda akan menemukan berbagai formula bagaimana digital marketing beroperasi sampai ke hal-hal teknis yang menarik untuk dipelajari, namun jika anda tidak mempunyai waktu yang luang untuk mempelajari teknis anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan digital.

Meninggalkan Perhitungan Statistic Analisis Marketing

Kalau kita perhatikan banyak sekali para pebisnis yang belum memahami kebaikan dari sebuah data. Data harusnya menjadi sumber informasi strategi kedepan juga menjadi alat untuk menentukan sebuah keputusan. Pada hakikatnya data yang tidak dimenej dengan baik memungkinkan terjadinya kekeliruan dalam mengambil keputusan, jika keputusan tanpa berpatokan pada history yang berasal dari data yang utuh besar kemungkinannya menjadi sumber petaka bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Keputusan dengan dasar Intuisi saja ternyata tidak cukup dan terkadang meleset jauh dari harapan.

Menghindari Promosi Berbayar

Banyak pebisnis yang keliru dalam hal ini, uangkapannya seperti ini “untuk apa promosi berbayar? Itu kan ngabisiin uang”.

Menurut anda benarkah ungkapan ini?

Yap boleh jadi benar. Benar kalau trik promosinya salah atau ngga bener bener amat..!.

Fenomena kegagalan promosi biasanya tidak didukung oleh keilmuan promosi yang benar dalam frame digital. Terutama dalam hal promosi berbayar. Karena beberapa platform promosi berbayar mengharuskan kita mengetahui bagaimana cara pengoperasiannya. Kita sendiri yang menentukan berapa biaya yang mau dikeluarkan dan juga target apa yang ingin dicapai dengan cara membaca analisa data hasil promosi.

Tanpa ada keilmuan yang cukup promosi yang dijalankan tidak akan berdampak apa-apa. Anda harus banyak berkonsultasi dengan para pakar promosi digital pada perusahaan digital yang saat ini eksis.

Tidak Ada Evaluasi Terhadap Performa Kinerja

Evaluasi kerja merupakan bagian penting dari sebuah perjalanan bisnis. Namun bagaimana akan ada evaluasi jika sebuah strategi tak disusun dengan baik, statistic pertumbuhan tidak dijalankan, promosi tidak berjalan lacar hingga tidak terarahnya dalam menyusun timeline pekerjaan masih saja terjadi.

Anda bebas berfikir bahwa bisnis tanpa digital yang saat ini dijalankan sudah bisa berjalan lancar, perputaran keuangan bagus, punya customer loyal hingga muncul anggapan bahwa marketing digital tidak berpengaruh apapun pada bisnis anda saat ini. Karena mungkin kondisi bisnis anda saat ini sedang diatas angin.

Namun ketidakpastian dikemudian hari harusnya menjadi pertimbangan untuk anda dalam mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi, bisa positif bisa pula negatif, Betulkan..?

Anda harus berfikir bahwa seiiring dunia berubah, maka berubah pula pola dan strategi bisnis kedepannya. Anda harus menyadari tidak selamanya sebuah bisnis berpijak pada cara-cara konvensional dan terkesan ortodok. Cara-cara seperti itu harusnya sudah perlahan diiringi dengan konsep bisnis berbasis digital sehingga bisnis yang saat ini anda jalankan tidak tertinggal.

Baca juga: Jasa Admin Instagram Bandung Profesional

Kesimpulan

Tidak ada proses belajar yang instant, semua memerlukan pengorbanan waktu maupun tenaga. Namun disitulah investasi diri yang seharusnya sudah dipenuhi oleh Anda sebelum investasi dalam infrastruktur bisnis. Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda memikirkan untuk membuat divisi khusus promosi digital. Tim ini akan secara khusus merancang, menjalankan dan mengevaluasi promosi digital bisnis Anda.

Atau cara lainnya adalah dengan bermitra bersama jasa promosi digital yang banyak informasinya bisa Anda temukan di google. Pilihlah jasa promosi yang menawarkan jasanya sesuai dengan target bisnis Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jika saat ini Anda belum menemukan mitra tepat yang dapat mewujudkan target promosi bisnis Anda, silahkan hubungi Commpass Digital.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar