Blog

5 Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Mau Tahu Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet? Simak 5 Tips Berikut ini

5 Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet,- Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mempromosikan bisnis kuliner lokal secara online.

Topik ini kami bahas karena saat ini bisnis kuliner menjadi penopang tertinggi industri kreatif Indonesia . Berdasarkan data dari Bekraf RI, dari unit 8,2 juta unit industri kreatif, 68% (5.576.000 unit) bergerak di industri kuliner. Ini berarti separuh lebih pelaku industri kreatif di Indonesia adalah pengusaha kuliner.

Dari angka tersebut, bisnis kuliner tidak bisa dipandang sebelah mata, terlebih dalam hal pemasaran dan promosinya. Apalagi saat ini internet sudah cukup merata di Indonesia. Jika kita gabungkan, kombinasi antara bisnis kuliner dengan internet akan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis kuliner.

Berikut ini ada beberapa cara mempromosikan bisnis kuliner lokal secara online. Dengan cara-cara yang kami sampaikan ini mudah-mudahan bisa mendatangkan lebih banyak lagi pengunjung dan pembeli untuk para pelaku bisnis kuliner di Indonesia.

Menggunakan Google My Business

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Google My Business adalah sebuah layanan dari Google yang akan menampilkan profile bisnis kuliner Anda di Google Search dan juga Google Maps.

Pada Google My Business ini Anda bisa menampilkan banyak hal, mulai dari nama bisnis kuliner Anda, foto makanan, alamat, rating dan review pelanggan, nomor telepon hingga jam operasional.

Dengan Google My Business Anda bisa mempromosikan bisnis kuliner Anda sekaligus mendatangkan pengunjung. Karena cara kerjanya adalah menampilkan profile bisnis yang relevan dan terdekat berdasarkan kata kunci dan lokasi pencari informasil.

Contohnya Anda jualan nasi goreng di kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Dengan memanfaatkan Google My Business, ketika ada orang yang mencari informasi “warung nasi goreng” dan saat itu posisi orang tersebut ada di daerah Klaten maka profile bisnis Anda bisa muncul di halaman hasil pencarian Google.

Jika saat ini bisnis kuliner Anda belum terdaftar di Google My Business, segera saja mendaftar. Karena selain gratis, akan ada banyak manfaat bagi bisnis kuliner Anda dengan mendaftar di Google My Business ini.

Memanfaatkan review dari Google Local Guide

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet
Google Local Guide adalah orang-orang yang bekerja sama dengan Google untuk melakukan review secara sukarela terhadap tempat-tempat-tempat yang dia kunjungi, termasuk rumah makan dan bisnis kuliner lainnya.

Google Local Guide adalah orang-orang yang bekerja sama dengan Google untuk melakukan review secara sukarela terhadap tempat-tempat-tempat yang dia kunjungi, termasuk rumah makan dan bisnis kuliner lainnya.

Review dari para Google Local Guide ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Karena apa yang mereka tulis pada review tersebut adalah apa yang mereka rasakan. Kalau review dari mereka bagus dan bahkan mereka ikut merekomendasikan bisnis kuliner Anda, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk membangun reputasi dan social proof.

Untuk bisa memanfaatkan review dari para Google Local Guide ini Anda perlu membuat akun di Google My Business terlebih dahulu. Setelah disetujui jangan lupa menempelkan stiker Google Review dan mengajak setiap pelanggan Anda untuk menuliskan review di akun Google My Business Anda.

Mengundang influencer

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Saat ini influencer marketing bagi sebagian bisnis kuliner dan fashion memberikan dampak yang efektif terhadap penjualan. Sering kita jumpai seorang selebritis, Youtuber atau Selebgram makan di suatu rumah makan, tidak berselang lama rumah makan tersebut mengalami lonjakan kunjungan yang cukup signifikan dan juga viral.

Sebagai contoh adalah Bakso Klenger yang ada di Jogja. Sudah ada banyak Youtuber, Selebgram food blogger hingga media masa yang datang dan meliput bisnis kuliner ini. Hasilnya ratusan mangkok bakso habis terjual setiap harinya hingga saat ini.

Cara promosi bisnis kuliner dengan mengundang para influencer dengan niche kuliner ini dan yang sesuai dengan target market Anda. Ajak mereka untuk merekomendasikan rumah makan Anda. Nantinya mereka, akan merekomendasikan rumah makan anda. Untuk menghubungi mereka tidak begitu sulit, biasanya mereka sudah mencantumkan kontak pada halaman profil mereka.

Bekerjasama dengan layanan ojek online

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Saat ini pola belanja masyarakat sudah berubah, termasuk dalam belanja kuliner. Kalau dulu orang lebih memilih datang langsung ke rumah makan, kini dengan keberadaan layanan ojek online sepert Go-Food atau Grab-Good, cukup banyak masyarakat kita yang memesan makanan melalui layanan tersebut.

Cara promosi bisnis kuliner lokal secara online dinilai efektif, Anda bisa memanfaatkan perubahan perilaku masyarakat ini. Yaitu dengan cara bergabung menjadi merchand dari layanan ojek online ini.

Menggunakan Facebook Ads

Cara Promosi Bisnis Kuliner Lokal di Internet

Dengan menggunakan Facebook Ads Anda bisa menargetkan orang-orang di sekitar lokasi bisnis kuliner Anda. Facebook Ads mampu menampilkan iklan Anda dengan kriteria radius tertentu.

Selain itu ada beberapa objective yang bisa Anda pilih, seperti membangun awareness orang-orang di sekitar lokasi bisnis Anda sampai menunjukkan jalan ke lokasi Anda.

Untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan Facebook Ads untuk bisnis lokal Anda bisa memempelajari Trik Menggunakan Halaman Facebook untuk Bisnis.

Artikel cara promosi bisnis kuliner ini dibuat untuk Anda yang ingin memulai untuk melangkah satu step mengikuti trend tahun ini, dengan bersiap menghadapi era teknologi 4.0 yang berpotensi menciptakan suasana persaingan bisnis yang sangat ketat. Maka dari itu COMMPASS DIGITAL hadir untuk membantu Anda dalam pengembangan bisnis anda sebagai bagian dari tim penyusun berbagai strategi marketing ataupun pengelolaan media sosial perusahaan anda.

[table id=1 /]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *