Memahami Arti Warna dalam Desain Grafis dan Pengaruh Emosionalnya untuk Pemasaran
Apakah Anda mungkin belum memahami arti warna dalam desain grafis ?
Penasaran dengan arti warna dalam desain grafis ?
Bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis anda ?
Jika jawaban Anda iya, maka Saya sarankan untuk membaca artikel ini sampai tuntas, karena jawaban atas semua pertanyaan tadi akan dipaparkan secara jelas dan ringkas untuk Anda.
Warna adalah materi yang sangat penting bagi kehidupan kita karena tidak ada seorangpun yang bisa membayangkan dunia tanpa warna. (Wirania Swasty: 2010; 6). Mencoba untuk memahami arti warna dalam desain grafis merupakan sesuatu yang penting terutama bagi para pebisnis yang mempunyai target dalam memikat perhatian calon customernya.
Sebagai pelengkap definisi warna dari wikipedia bahwa Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna. Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.
Secara objektif atau fisik, warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan. Sementara secara subjektif atau psikologis, warna adalah sebagian dari pengalaman indra penglihatan.
Warna menjadi elemen paling dominan dan aspek yang paling relatif dalam desain kehidupan.
Pandangan terhadap warna melibatkan respon fisiologi dan psikologi atau emosi manusia pada umumnya.
Jika kita hendak meninjau lebih dalam dari psikologis atau emosi manusia, arti dan makna warna yang ada secara teknis dapat menimbulkan kesan pada objek, mata, otak, dan cahaya.
Berikut ini beberapa penjelasan umum seputar arti warna dalam desain grafis dan bagaimana penggunaanya yang tepat dan berpeluang menjadi inspirasi bagi anda dalam menentukan karakter warna perusahaan atau merk produk anda kedepannya.
Arti Warna Oranye
Sebagai warna sekunder, oranye menggabungkan kehangatan warna merah dengan cerahnya warna kuning. Oranye adalah warna energik yang dapat mengingatkan kesehatan dan vitalitas, mengingat kaitannya yang jelas dengan jeruk dan vitamin C. Oranye juga warna yang membawa unsur semangat dan kesenangan.
Penggunaan Warna Oranye
Contohnya, You C 1000mg yang menggunakan warna oranye untuk mempromosikan energi dan aktivitas. Oranye juga merupakan warna populer untuk minuman tropis seperti Fanta, nutrisari, dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk merek kreatif jika ingin sedikit berbeda.
Arti Warna Hijau
Hijau secara universal terkait dengan alam, rumput, tanaman dan pohon. Hijau merepresentasikan pembaruan. Warna hijau meliputi kejernihan mental dan optimisme kuning dengan tenang emosional dan wawasan biru, inspirasi harapan dan kemurahan hati Yang Maha Kuasa yang tidak tersedia dari warna lainnya.
Warna hijau adalah warna keseimbangan dan harmoni. Dari perspektif psikologi warna, itu adalah penyeimbang besar hati dan emosi, menciptakan keseimbangan antara kepala dan hati. Warna ini memberikan kesejukan, kemampuan diri untuk menjaga kedamaian, dan mampu menampilkan emosi yang positif.
Hijau juga sering dilihat sebagai warna keempat di atas warna merah, kuning, dan biru, contoh Microsoft dan Google yang membawa kesan keseimbangan visual. Merek-merek terkenal yang menggunakan nuansa warna hijau yang berbeda termasuk Starbucks, Spotify, dan Whole Foods Market.
Penggunaan Warna Hijau
Dalam dunia desain komunikasi visual, kombinasi warna-warna dingin banyak digunakan untuk logo, kemasan, iklan, signage, dan publikasi. Kombinasi warna-warna ini memberikan kesejukan, materialistis, kemakmuran, ketenangan, keislaman, dan cendrung menghindari pertentangan.
Arti Warna Biru
Biru adalah warna yang paling populer di dunia dan biasa digunakan dalam logo bisnis. Biru adalah warna yang tenang dan mewakili kecerdasan serta tanggung jawab. Biru biasa digunakan dalam institusi perusahaan yang terpercaya dan sering kali dikombinasikan dengan warna abu-abu.
Penggunaan Warna Biru
Penggunaan warna biru sering dikaitkan dengan profesionalisme dan kepercayaan. Karena disukai secara umum, maka warna ini sangat tepat digunakan, baik laki-laki atau perempuan. Menariknya, biru adalah warna pilihan bagi banyak jejaring sosial dan teknologi, seperti Facebook, Twitter, IBM, dan Intel.
Arti Warna Kuning
Kuning merupakan warna cerah yang memiliki arti bahagia, penuh harapan dan positif. Kuning adalah warna yang menarik dapat digunakan untuk menunjukkan perhatian, seperti merah dan oranye.
Penggunaan Warna Kuning
Penggunaan warna kuning cerah akan langsung menarik perhatian orang. Warna kuning pucat atau hangat dapat terlihat alami dan sehat, sedangkan warna kuning neon dapat menjadi sangat artifisial.
Warna kuning sering direpresentasikan oleh makanan utama, membangkitkan selera dan merangsang nafsu makan. Warna kuning juga efektif untuk menarik perhatian. Industri makanan cepat saji telah mengklaim saat satu warna dikombinasi dengan warna kuning akan memiliki alasan yang sangat efektif. Di arena makanan gourmet, Anda tentu saja ingin menghindari konotasi makanan yang disajikan oleh restoran cepat saji. Namun warna-warna ini masih bisa berfungsi efektif bila disajikan secara berpasangan dalam menu makanan gourmet Anda.
Arti Warna Ungu
Ungu adalah warna yang hangat, dingin serta memadukan energi dengan ketenangan. Ungu sering dikaitkan dengan unsur keluarga kerajaan karena sifatnya yang bergengsi dan mewah. Antusiasme dan kesan menonjol adalah dampak pemilihan warna satu ini. Jika Anda ingin produk atau jasa Anda mencuri perhatian orang-orang, Anda bisa memilih warna jingga.
Penggunaan Warna Ungu
Gunakan warna ungu dengan emas untuk menambahkan unsur kemewahan. Ungu juga dapat digunakan saat kamu ingin menambahkan sedikit mistisisme dan spiritualitas. Selain memacu imajinasi, warna ini bisa menimbulkan kesan kreatif. Inilah mengapa, bila Anda perhatikan infografik yang kami bagikan di atas, brand-brand yang terlibat di bidang entertainment-lah yang memakainya. Apa saja? Seperti salah satu stasiun televisi Syfy atau produsen boneka Barbie.
Arti Warna Putih
Putih mewakili kemurnian, kepolosan dan menciptakan estetika minimalis. Putih bisa sangat sederhana, bersih dan modern. Putih juga merupakan warna paling netral dari semua dan bisa dideskripsikan sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik.
Penggunaan Warna Putih
Putih biasa digunakan pada merek kesehatan dan kecantikan untuk menyampaikan sesuatu yang murni dan bahan alami. Warna ini juga yang paling sering digunakan dalam acara pernikahan, baik itu untuk gaun pengantin atau undangan karena melambangkan kesucian.
Karena putih adalah warna kesederhanaan dan kebersihan. Ini pesan yang muda, ringan dan murni. Mungkin ini adalah alasan mengapa Apple menggunakan warna ini.
Arti Warna Merah
Merah selalu diartikan dengan semangat, gairah, energi, dan kemarahan. Merah merupakan warna primer yang biasanya mendominasi. Tapi tahukah kamu kalau merah dapat merangsang nafsu makan? Itu sebabnya kenapa penyedia makanan cepat saji, seperti MCD dan KFC menggunakan warna merah yang mendominasi.
Penggunaan Warna Merah
Jika kamu ingin desainmu terlihat menonjol, maka merah bisa menjadi warna pilihan. Karena merah dapat lebih menarik perhatian. Ditambah lagi dengan peranannya yang dapat menambah nafsu makan, merah sangat cocok digunakan untuk restoran yang ingin mendatangkan pelanggan.
Merah adalah warna yang mengartikan panas, gairah dan kegembiraan. Ini dengan mudah menarik perhatian dan membangkitkan energi dan kecepatan. Merasa lelah? Coca Cola dapat membantu Anda mendapatkan dorongan itu. Coca-Cola yang dari awal kemunculannya hingga sekarang tetap konsisten di warna merah.
Arti Warna Hitam
Warna hitam dapat memiliki konotasi negatif karena mengisyaratkan kematian, ketakutan, dan duka. Warna yang populer dalam ranah fashion ini menjadi favorit banyak orang. Bagaimanapun, warna hitam merepresentasikan kekuatan, rasa percaya diri, dramatis, misterius, klasik. Bahkan dalam banyak kasus melambangkan maskulinitas. Namun, hitam lebih terkait secara umum dengan kekuatan dan keanggunan dalam hal branding dan pemasaran.
Penggunaan Warna Hitam
Pemakaian dalam intensitas besar bisa saja menimbulkan perasaan tertekan yang lekat dengan kondisi hampa, kerusakan, duka, hingga kematian. Hitam melambangkan elegan dan mewah jika dikombinasikan dengan emas atau perak.
Di sisi lain, hitam juga dapat dikombinasikan dengan warna-warna cerah sebagai kontras dan ketika dikombinasikan dengan warna lainnya, seperti merah atau oranye bisa sangat menonjol. Merek-merek mewah seperti Chanel dan Dior menggunakannya dengan logo hitam-putih yang ikonik dan membuatnya lebih eksklusif.
Itulah beberapa arti warna dan bagaimana penggunaanya, baik di dalam desain ataupun di kehidupan sehari-hari.
Rupanya, penggunaan warna yang tepat bisa mempengaruhi mood dan perasaan seseorang saat melihatnya.
Untuk itu, pilih warna yang tepat dan paling mewakili terutama dalam menentukan warna sebagai karakter bisnis anda, sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam memikat minat calon customer.
Warna dan Pengaruhnya Terhadap Pemasaran
Warna dalam media komunikasi non-verbal menjadi metode yang paling cepat memberikan kesan, menyampaikan pesan, dan mengekspresikan suatu makna.
Desain warna sudah menjadi salah satu aspek yang berpengaruh dalam membentuk perilaku suatu masyarakat dan perkembangan ekonominya.
Dalam dunia bisnis warna dianggap sebagai “the silent sales person” yang mampu menarik minat para pembeli, itulah beberapa arti warna dalam desain grafis.
Warna menjadi salah satu pemicu penjualan sebuah produk karena berdasarkan fungsinya, desain warna merupakan suatu nilai tambah yang dapat dijadikan sebagai perangkap emosional yang sangat ampuh untuk menjaring konsumen.
Dengan memilih warna yang tepat, Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda. Penerapan teori arti warna dalam desain grafis juga bisa memberikan kesempatan bagi Anda dalam menyampaikan pesan secara efektif dan memenuhi kebutuhan audiens/pasar Anda. Sebenarnya yang paling utama adalah Anda bisa meningkatkan branding bisnis Anda.
Sangat menarik untuk mempelajari bagaimana psikologi warna berperan penting dalam memikat perhatian konsumen dalam hitungan detik. Oleh sebab itu, desain warna dianggap mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat beli konsumen dibandingkan dengan faktor lainnya.
Dengan membaca artikel ini, Anda dapat lebih yakin dalam memanfaatkannya sebagai strategi branding dan marketing bisnis Anda. Intinya, Anda perlu mengenali visi dan misi Anda sendiri, apa pesan yang ingin Anda sampaikan dan produk/jasa seperti apa yang Anda jual.
Baca juga: 2 Prinsip Manajemen Digital Advertising 2019
Sehingga unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan dalam menciptakan logo perusahaan, karakter warna desain web, media sosial bahkan warna kemasan produk agar memberi kesan baik dan tepat.
Adapun penjabaran mengenai fungsi dan teknis serta penentuan karakter bisnis Anda, bisa langsung dikomunikasikan dengan perusahaan penyedia jasa desain grafis yang lebih memahami tentang arti warna dalam desain grafis.
COMMPASS DIGITAL selalu mencoba untuk meramu dari berbagai filosofi dalam menentukan karakter warna yang cocok untuk membangun atau meningkatkan sebuah brand. Dengan komposisi tim yang mumpuni dibidangnya, Anda dapat bersinergi dengan Commpass Digital untuk pengelolaan brand perusahaan anda semakin baik.
[table id=1 /]