Blog

5 Tips Membuat Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tips Membuat Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tips Membuat Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Apa Definisi Video Marketing Online?

Video adalah teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar bergerak. Aplikasi umum dari sinyal video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi lain di dalam bidang teknik, saintifik, produksi dan keamana.

Marketing adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Video marketing adalah seluruh jenis video yang Anda rekam lalu Anda posting ke berbagai media sosial dengan tujuan pemasaran produk atau jasa Anda.

Video marketing yang hendak anda bagikan tidak akan terlepas dari konten video. tentunya konten video berkualitas tidak akan terlepas dari perencanaan yang tersusun dengan baik.

Yang menjadi pokok bahasan artikel ini adalah menjawab pertanyaan apakah promosi menggunakan video benar-benar menguntungkan? Dan Apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk membuat konten video pemasaran untuk bisnis Anda?

Untuk itu bacalah artikel ini hingga selesai sebab nanti ada beberapa tips membuat video marketing yang mungkin bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

Wawasan Singkat Video Marketing Online

Sebelum membahas tips membuat video marketing, alangkah lebih bainya kita membuka wawasan tentang video marketing secara singkat.

Memang bukan sebuah informasi yang baru bahwa video harus dimiliki oleh sebuah brand atau bisnis dalam kaitannya dengan strategi pemasaran.

Namun hal unik benar-benar terjadi akhir-akhir ini tentang video marketing yang menjadi sorotan tertinggi pada berbagai platform yang kini eksis.

Pengaruh Video marketing begitu besar dalam upaya penjangkauan dan menjaring customer potensial dan kampanye brand Anda. Jadi, strategi pemasaran ini bukan hanya bagian dari trik untuk meningkatkan penjualan Anda saja.

Jika Anda simak perkembangan media sosial akhir-akhir ini brand-brand ternama lebih sering mengunggah konten video pada berbagai media sosial mereka dari pada foto produk saja

Hal ini terjadi karena para pakar dan eksekutif yang bekerja di berbagai platform media sosial mengemukakan hal yang sama bahwa video telah viral beberapa waktu belakangan ini.

Hal tersebut senada dengan apa yang diungkapkan Google. Google menyatakan bahwa menciptakan konten video memang suatu cara cerdas bagi setiap perusahaan yang ingin melakukan pemasaran di era digital ini.

Pada mesin pencari semacam Google, konten video tak jarang mendapat peringkat tinggi pada halaman pertama dan orang yang mencari informasi cenderung mengkliknya.

Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini. Mengapa? Karena jika video marketing telah terkonsep dan menarik hasilnya, video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah diserap audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi customer Anda.

Setelah mengetahui pentingnya video marketing, mari kenali apa saja langkah yang harus Anda lakukan untuk membuatnya.

5 Tips Membuat Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tahapan Membuat Video Marketing

Rencanakan Video Anda dengan Metodologi Inbound

Metodologi Inbound adalah pendekatan pemasaran dan penjualan yang berfokus untuk menarik pelanggan melalui konten dengan menciptakan interaksi yang relevan serta bermanfaat bagi audiens.

Setiap video yang Anda produksi harus mengandung sebuah tantangan untuk audiens, dan brand anda pula sekaligus yang menjadi solusinya.

Singkat kata, garis besarnya konten ini akan mengarahkan audiens untuk menyukai produk atau layanan anda melalui tahapan perjalanan mulai dari menjadi sadar terhadap eksistensi produk anda, mengevaluasi sikap mereka pada produk anda, pada akhirnya membeli produk atau layanan Anda.

Yang harus dihindari untuk anda yang baru pertama membuat video marketing adalah secara langsung melakukan lompatan besar saat membuat video.

Kebanyakan startup menghabiskan banyak uang untuk membuat video diberanda untuk mengedukasi audiens meraka, namun saat kontrak projectnya sudah selesai disaat itu pula produksi video dihentikan.

Di sisi lain, banyak juga startup membuat video-video ramah semacam ucapan hari raya, ucapan belasungkawa, dan moment-moment penting kenegaraan di media sosial mereka.

Namun karena mereka hanya meniru model umum yang eksis saat ini, menimbulkan dampak yang tak baik sebab kurangnya perhatian terhadap kebutuhan audiens  atau customer potensial sebenarnya.

Proyek ini tidak bisa menjadi kegiatan impulsif yang langsung terjun begitu saja perlu adanya perencanaan yang baik dalam praktiknya. Karena mengingat waktu, uang, dan sumber daya yang akan Anda habiskan dalam video marketing.

Ini berarti Anda perlu berpikir dalam konteks Metodologi Inbound. Jadi Anda harus membuat strategi pemasaran video komprehensif yang mencakup bagaimana saluran pemasaran dan penjualan Anda dan hal ini menjadi tips membuat video marketing yang paling penting.

Membuat story board Video

Pertama, kita mulai dengan menulis skrip alur apa saja yang akan dilakukan seperti pada saat Anda hendak memulai posting blog.

Kedua, Buat daftar poin-poin kunci Anda dan tampilkan urutan pesannya secara logis.

Ketiga, Anda perlu memilih host video atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk menonto konten video yang Anda sajikan.

Memilih Studio

Soal tempat, cobalah untuk melihat tempat mana yang pas dengan konten video Anda sekaligus menarik secara visual. Anda bisa saja mendekor ruangan kerja Anda untuk syuting. Intinya, buatlah audiens Anda tertarik untuk menonton video marketing Anda sampai habis.

Siapkan apa saja yang jadi kebutuhan rekaman Anda. Anda mungkin membutuhkan lampu untuk penerang, tripod, mikrofon, dan lain sebagainya. Jika budget Anda terbatas maka Cobalah membuat  daftar tools apa saja yang dibutuhkan saat membuat video yang mengikuti konsep skrip anda.

5 Tips Membuat Video Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Rekam dan Sunting Video Anda

Rekamlah dan sunting hasil rekaman Anda. Anda juga bisa memanfaatkan template video gratis yang kini sudah banyak disediakan di internet untuk memberi after effect pada video marketing Anda. Ini tentunya jadi langkah paling krusial yang harus Anda lakukan.

Lakukan SEO Video

Ini adalah langkah penting dan jangan pernah sekalipun anda lewatkan. Ini memang langkah terakhir. Jika Anda ingin meraih lebih banyak audiens dan menjadikan mereka customer loyal Anda, cobalah untuk melakukan Search Engine Optimization Video.

Tips Membuat Video Marketing

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki Website untuk Perusahaan

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui beberapa tips membuat video marketing diatas. Ternyata, selain bisa menjadi media pemasaran yang efektif, video marketing juga bisa menjadi strategi branding yang bagus untuk bisnis Anda. Jika saat ini Anda berencana untuk memperbanyak video marketing untuk meningkatkan penjualan, maka ini adalah cara yang baik untuk Anda tempuh yang memberikan efek marketing bisnis jangka panjang.

COMMPASS DIGITAL sebagai perusahaan yang mumpuni dibidang pembuatan video marketing menyediakan layanan pembuatan video marketing untuk perusahaan, COMMPASS DIGITAL berkomitmen untuk mensukseskan perusahaan Anda melalui pembuatan video marketing yang berkualitas, tentunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Selamat mengembangkan usaha Anda bersama kami.

[table id=1 /]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *