Blog

4 Langkah Cepat Memulai Facebook Marketing

Memulai facebook marketing dengan COMMPASS DIGITAL, layanan pengelolaan Marketing media sosial untuk bisnis dan Instansi termasuk Facebook Marketing dengan berbagai komitmen yang bisa kita sepakati.

Bagi pebisnis online, memandang facebook bukan sekedar media sosial tempat hiburan dan media komunikasi bersama teman-teman kerja atau teman sekolah masa lalu. Bagi mereka facebook adalah potensi pasar yang menggiurkan jika digarap secara serius dan terarah. Bahkan beberapa orang yang sudah berhasil menggunakan facebook untuk media marketing, telah berhasil meraup untung yang sangat luar biasa. Artikel ini akan membahas perihal cara memulai facebook marketing khusus untuk pemula.

4 Langkah Cepat Memulai Facebook Marketing

Kebanyakan orang mengira Facebook Marketing adalah tentang bagaimana cara beriklan di Facebook. Padahal ungkapan tersebut tidak selamanya benar. Boleh saja untuk beriklan ketika persiapan-persiapan dalam menyusun strategi marketing telah terpenuhi dengan baik. Karena jika tidak, performa iklan pun tidak berjalan sesuai harapan dan hanya menghamburkan dana promosi.

Apa saja langkah-langkah efektif untuk menunjang Facebook Marketing, kita simak bersama point pentingnya.

Page Dibuat Menarik, berikut ini tipsnya

Pada platform media sosial Facebook, page itu seperti wujud toko anda. Tentu saja kita akan memeliharanya, merawatnya, bahkan menghiasinya agar banyak pengunjung yang tertarik untuk datang.

Pertama, masuk ke link ini untuk membuat Facebook Page. Kemudian pilih kategori yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Sebab bakal aneh dilihat orang kalau tidak sesuai. Selain itu berbeda kategori bisa berbeda pula fitur yang diberikan.

Kedua, masukkan nama brand/merk anda.

Ini tips menamai page yang biasanya membuat orang salah dalam strategi Facebook Marketing:

  • Cukup tulis nama merk Anda contoh: ( Zorgeo Footwear)
  • Jangan gunakan jenis produk/layanan sebagai nama (misalnya: Jual Sepatu Pria)
  • Singkat, 2-3 kata paling optimal. Pisahkan dengan spasi

Ketiga, lengkapi profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover, dan keterangan lainnya. Ikuti tips ini:

  • Profil picture: hindari gambar yang buram, gunakan logo dengan resolusi tinggi
  • About: jelaskan bisnis anda dengan singkat, padat, & penyampaian menarik
  • Cover: gunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi dan pastikan milik Anda sendiri
  • Semua informasi di tab info, harus dilengkapi

Saat Anda baru membuat page di Facebook, maka anda akan ditawari untuk beriklan. Skip dulu, jika Anda benar-benar baru memulainya, untuk iklan berbayar belum waktunya.

Sekalipun demikian, data audiens anda bisa Anda masukan dari sekarang.

Fahami Target Audiens Lalu Tetapkan Segmentasi Pasar Anda

Sebagaimana umumnya rumus pemasaran, bahwa menetapkan segmentasi pasar menjadi hal utama sebelum sebuah produk atau brand disebarluaskan. Begitupun ketika Anda ingin memulai facebook marketing, sebaiknya tentukan terlebih dahulu target market.

Hal ini dimaksudkan agar terciptanya efektifitas langkah strategi yang akan ditempuh oleh para pengusaha. Dan hal Ini akan cukup berpengaruh pada saat Anda membuat konten.

Kesalahan utama yang teramat sering dilakukan adalah penempatan bahasa promosi yang disampaikan untuk target audiens mereka sendiri.

Contoh:

Sebuah bisnis yang menetapkan segmentasi pasar pada rentan usia 30 sampai 45 tahun.

Tapi penyampaian informasi seolah-olah untuk remaja dan pemuda milenial. Misalnya menggunakan bahasa kekinian, atau membuat gambar lucu.

Pantaskah ? tentu saja tidak..

Pada intinya, Anda harus pintar menyiapkan apa yang pantas dan dapat menarik minat bagi target audiens Anda.

Beruntungnya kita bisa dengan mudah mengenali siapa audiens yang kita incar, dengan Facebook.

Misalnya kita akan menjual sepatu berharga diatas 1 juta.

Jadi orang-orang yang kita targetkan adalah orang yang bergadget mahal (apple/Samsung), tongkrongan di starbucks, suka basket, dan suka keluar negeri.

Ketika membuat konten, kalau anda membahas hal-hal tersebut maka jumlah like-nya akan lebih banyak.

Kata kunci ‘interests’ juga bisa anda ganti, misalnya:

  • Public figures
  • Books
  • Restaurants
  • Places
  • Movies
  • Organizations
  • dll. Apapun bisa.

Jika halaman facebook anda sudah mempunyai ribuan like, analisis segementasi bisa dilakukan disana dan biasanya lebih akurat.

Pelajari Bagaimana Membuat Post yang Baik Di Facebook

Nah saat memulai facebook marketing, sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut ini. Jangan terlalu brutal ketika posting. Meskpun Anda bisa saja membuat post lebih dari 10 dalam satu hari, namun itu tidak baik di mata algoritma Facebook.

Ada 2 alasan yang mempengaruhi :

Pertama tuntuntan kualitas yang baik dari sebuah postingan sangat menentukan banyaknya like dan komentar.

Kedua, jika kita post 10 kali dalam satu hari maka akan banyak sedikit like, karna Anda belum tentu mampu membuat 10 post berkualitas dalam satu hari.

  • Posting lebih dari 2x sehari akan mendapatkan lebih sedikit like
  • Setiap post harus berkualitas, sulit untuk membuat banyak post berkualitas dalam sehari

Lebih detailnya sudah saya bahas pada tema Cara Menggunakan Halaman Facebook untuk Bisnis

Maka dari itu, setiap post harus anda pikirkan matang-matang dengan berbagai pertimbangan. Inilah beberapa tipsnya.

Tips untuk masing-masing jenis post (teks, gambar, video, link)

Pertama, post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan ditambahkan juga gambar, video, atau link ke halaman website. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik. Apalagi penyajian penulisannya tidak berkonsep.

Selain itu, sulit menyampaikan pesan dengan teks karena Facebook akan memotong teks yang terlalu panjang. Jadi sebisa mungkin hindari teks tanpa media.

Sedangkan kalau anda menggunakan video, pastikan video tersebut anda upload di Facebook. Hindari menaruh link video dari YouTube.

Hindari Hard Selling, Lakukan Soft Selling

Ini adalah salah satu tips bagi Startup Digital Marketing Harus Menghindari 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses sebab ini kesalahan paling fatal.

Seperti apapun strategi yang anda gunakan, sekalipun dengan iklan, kalau anda melakukan hard selling maka hampir pasti akan gagal (kecuali pada pelanggan sebelumnya yang pernah terjalin transaksi, biasanya).

Sebab yang hadir di Facebook tidak mempunya tujuan yang sama termasuk membeli sesuatu,

Kebanyakan orang yang sedang online di Facebook untuk melihat-lihat foto teman, sahabat rekanan bisnis, atau keluarga mereka. Tiba-tiba Facebook iklan anda muncul dengan menawarkan produk.

Dengan sajian iklan konsep seperti itu, dengan keadaan tanpa niat membeli sesuatu apakah akan terbujuk untuk membeli produk anda ?

Sama sekali tidak.

Maka dari itu pada platform Facebook alangkah lebih baiknya diarahkan pada proses soft selling saja. Caranya adalah dengan memberikan sesuatu.

Misalnya:

  1. Ebook
  2. Kupon diskon
  3. Video/webinar
  4. Konten panduan

Namun dengan catatan tidak akan memberikan kepada mereka secara Cuma-Cuma, yakni dengan membuatkan syarat-syarat tertentu.

Seperti menukar dengan kontak mereka. Email atau nomor HP yang akan kita buatkan kolam contact yang kedepannya bisa dilakukan hard selling.

Inilah tujuan utama kita, mengumpulkan kontak sebanyak-banyaknya dari mereka meskipun sekarang belum siap membeli.

Dengan demikian, di lain hari kita bisa melakukan kembali “mengingatkan” mereka. Sehingga ketika mereka siap maka mereka akan membeli.

COMMPASS DIGITAL membuka layanan pengelolaan Marketing media sosial untuk bisnis dan Instansi termasuk bagi Anda yang membutuhkan konsultasi memulai facebook marketing dengan berbagai komitmen yang bisa kita sepakati.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar