Blog

4 Cara Chat Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

Cara Chat dan Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

4 Cara Chat Melayani Calon Pembeli Online

Melayani calon pembeli online sangat berbeda daripada Anda melayani calon pembeli secara tatap muka. Karena jika melalui online, Anda dan calon pembeli tidak berjumpa secara langsung. Disinilah terkadang seorang penjual online mengalami kebingungan. Padahal kesuksesan penjualan online sangat bergantung kepada kemahiran customer service Anda.

Chat online bukan sekedar menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Namun harus dapat mengarahkannya kepada transaksi penjualan. Jadi, sebaiknya isi chatnya harus mengandung negosiasi baik langsung maupun secara tidak langsung.

Secara definisi kata, negoisasi adalah salah satu bentuk penyelesaian sengketa alternatif dimana para pihak yang bersengketa melakukan perundingan secara langsung untuk mencari penyelesaian sengketa yang sedang mereka hadapi ke arah kesepakatan bersama (konsensus) atau dasar win-win solution.

Konsep bernegosiasi adalah menyatukan keinginan Anda dan keinginan mereka sehingga tercipta ‘deal’. Tentukan keinginan Anda terlebih dahulu, kemudian harus mengerti juga motifnya. Ingat, motif keinginan orang yang bernegosiasi dengan Anda itu seperti apa kira-kira?

Jika Anda seorang penjual dan ingin menjual produk Anda kepada Buyer, akan ada kasus di mana Anda mengalami situasi chat seperti ini:

Buyer: Bisa kurang harganya pak? (Kemungkinan tidak punya perbandingan harga)
CS: Wah, saya sudah memberikan harga terbaik..

Atau, contoh kasus kedua.

Buyer: Harganya kemahalan, Pak! (Kemungkinan mereka punya perbandingan harga)
CS: Oh ya? Kalau boleh tahu Bapak pernah dapat harga berapa? (Ambil jeda waktu, jangan langsung turunkan harganya.)

Dalam situasi seperti itu, kemampuan negosiasi CS sangat menentukan apakah chat akan berujung kepada transaksi atau hanya sebatas tanya-tanya saja. Semakin tinggi skill negosiasi CS semakin besar pula peluang konversi penjualannya.

Cara Melayani Chat Calon Pembeli Online

Di dunia online sering kita menemukan konsumen yang ragu saat hendak melakukan pembelian sejumlah barang. Alhasil ketika terjadi transaksi, konsumen yang belum terlalu teredukasi sistem pengiriman sebuah toko online akan mengalami kecemasan pasca transfer sejumlah uang berujung ketidakpercayaan, disinilah pentingnya melayani calon pembeli online dengan baik.

Maka perlu kemahiran CS Online Shop yang baik dan mumpuni jika ingin menjaga kepercayaan toko anda sendiri sebagai bagian dari bentuk pemeliharaan customer relationship.

Dalam melayani calon pembeli online hendaknya Anda membangun terlebih dahulu trust atau kepercayaan dari konsumen. Adaun caranya, Anda dapat mencoba dengan 4 tips berikut ini.

Jadilah Pribadi Yang Ramah

Sering kita dengar bahwa konsumen adalah raja, ungkapan ini harus dipegang teguh oleh para pemegang posisi customer service, seburuk apapun sikap dari customer Anda, Anda tetap harus memuliakannya sebab hanya customerlah yang memberikan kita keuntungan.

Cara Chat dan Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

Niatkan Untuk Menebar Manfaat

Menjadi apapun anda, dimanapun anda berada, dalam kondisi apapun anda maka, jadilah seorang yang melakukan kebermanfaatan untuk banyak orang, dengan melayani sepenuh hati, maka customer anda akan membeli sepenuh hati. Logis..?

Cara Chat dan Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

Selalu Tanyakan Kebutuhan Customer

Terkadang anda akan menghadapi konsumen yang super pasif, dia tak tau apa yang harus dia tanyakan saat berbelanja secara online, misalnya saat ia hendak membeli sepatu di toko online terpercaya sepatupria99

CS :”BisaDibantu”

User : iya kak, saya mau beli sepatu

CS : Okey, boleh kak.. Sepatu yang mana?

User : Sepatu boots Zorgeo kak warna cokelat..

CS : Sip, Zorgeo Warna Cokelat ya kak.. Biasa pakai size brapa..?

User : 42 kak.. ada?

CS : size 42 ada ya kak, siap kirim.. ada alamat lengkap pengirimannya kak..?

User : Ada kak.. ini biodata pengirimannya kak Nama….. Hp….. Alamat…. dst

CS : Oke kak Saya save biodata pengirimannya dan sy totalkan jumlah transfer pembayarannya ya kak

User : ok kak, O iya ini Amanah kan..? maaf sebelumnya

CS : iya kak amanah sejak 2012, jika kakak perlu testimoni pelanggan bisa saya kirimkan..

User : boleh kirim aja 5 gambar ya kak

CS : okey sebentar.. (mengirimkan Foto testimoni)

User : oke kak saya segera transfer ya,,

CS : mau transfer ke BCA, BRI, atau Mandiri kak?

User : BCA aja ya kak..

Dari percakapan diatas diatas kita melihat bagaiman CS mengarahkan negosiasi kepada transaksi dengan cara bertanya kepada calon buyer, sehingga tidak ada ruang untuk dia  menolak untuk melakukan transaksi pembelian, inilah point penting melayani calon pembeli online.

Cara Chat dan Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

Menjadi Solusi atas Permasalahan Customer

Tidak selamanya pesanan yang Anda kirim berada dalam kelancaran, selalu ada hambatan yang menyertai dari 10 pengiriman potensi satu kiriman yang bermasalah, nah disinilah Anda dituntut untuk selalu mampu menyelesaikan masalah yang terjadi. Sehingga customer merasa terpuaskan dengan apa yang kita berikan.

Cara Chat dan Negosiasi Melayani Calon Pembeli Online

 

Jika saat ini customer yang datang kepada anda berasal dari instagram maka, ada baiknya Anda membaca artikel sebelumnya tentang 6 Strategi Jualan Laris di Instagram. Telah dipaparkan beberapa bahasan yang menarik dari tim COMMPASS DIGITAL seputar cara jualan laris di instagram.

COMMPAS DIGITAL adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan berbagai platform social media, jasa admin instagram termasuk didalamnya. Dengan mengedapankan kepuasan klien, perusahaan kami memiliki man power berpengalaman dibidangnya yang memungkinkan mampu memberikan pelayanan optimal klien-klien kami.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Incoming search terms:

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar