Blog

3 Strategi Utama Marketing Media Sosial

3 Strategi Utama Marketing Media Sosial tentu menjadi PR sebab Membangun marketing media sosial itu tidaklah mudah

3 Strategi Utama Marketing Media Sosial

Membangun marketing media sosial itu tidaklah mudah. Anda memerlukan tujuan dan konsistensi dalam pengelolaannya.

Apalagi jika anda seorang pemula. Pemula biasanya melakukan tindakan yang tidak terkonsep. Alih-alih ingin langsung menaikkan omset penjualan dalam masa peralihan dari offline, namun seringkali kebingungan di tengah prosesnya. 

Strategi membangun marketing media sosial memiliki peranan penting. Tidak hanya sebatas memperoleh pendapatan yang besar, akan tetapi mengumpulkan lebih banyak kontak untuk melakukan remarketing menjadi tujuan utama dalam penyusunan startegi ini.

Agar segala bentuk upaya apapun yang Anda lakukan tidak berujung sia-sia, maka bacalah artikel ini hingga selesai. Karena Anda akan dipandu tentang bagaimana strategi marketing media sosial yang sesungguhnya dan memberikan dampak optimal terhadap bisnis Anda.

Menentukan Satu Media Sosial Utama

Mungkin sedikit terdengar asing pengen bangun bisnis yang besar akun media sosialnya hanya satu.

Yap sementara buat saja Satu, tidak lebih. Satu akun, satu media sosial untuk di awal.

Apa satu cukup? Mengapa satu ? Bukannya semakin banyak semakin baik?

Idealnya memang seperti itu. Semakin banyak akun media sosial kita, akan mempengaruhi tingkat awareness bisnis kita dalam benak audiens

Namun ada hal lain yang patut Anda pertimbangkan diantaranya :

  1. Ilmu
  2. Biaya
  3. Waktu
  4. Man Power

Jika saat ini Anda terlepas dari keempat persoalan diatas, maka anda dipersilahkan untuk menambah media sosial lainnya. Marketing Media Sosial itu tidak sesederhana yang Anda bayangkan.

Yaa bagaimana tidak, kita masih menganggap bahwa pekerjaan ini hanya sampai pada posting gambar lucu, membuat caption seadanya, dan membuat meme meme konyol untuk menarik perhatian

Kenyataannya tidak.

Bisa ditarik kesimpulan, jika anda sebagai pemula anda tentu saja tidak akan bisa langsung sertamerta aktif di lebih dari satu media sosial. Hal ini malah akan berdampak buruk.

Karena itu, pilihlah media sosial berdasarkan :

  • Audiens: dimana mayoritas orang-orang yang anda targetkan
  • Ukuran: lebih besar lebih baik, tapi belum tentu
  • Konten: tempat yang efektif untuk video, gambar/foto, teks tidak sama

dengan menetapkan ketiga hal ini diharapkan dapat mencapai tujuan dari marketing media sosial yang telah ditetapkan

Menetapkan Karakter Media Sosial Anda

Jika Anda mengamati perkembangan brand perusahaan dalam media sosial. Anda akan menemukan bermacam karakter yang berbeda.

Jika segmentasi pasar anda berusia muda, akan terasa aneh jika anda menggunakan Bahasa baku atau serius, hingga sangat memperhatikan kaidah EYD.

Dan memunculkan kesan kaku pada segment anda.

Setiap kalimat yang muncul dari akun media sosial anda akan mencerminkan model bisnis dan segementasi pasar anda.

Jadi hindari kekakuan dalam penyampaian pesan, sebab kaku bagai robot jadinya juga tidak membuat kita nyaman.

Menyusun Strategi Konten Untuk Media Sosial

Menentukan strategi konten media sosial adalah bagian terpenting dalam marketing media sosial.

Tanpa memiliki konten yang menarik, semua hal yang anda lakukan di media sosial akan sia sia.

Baiklah, kita akan bahas konsep dasarnya.

Ada 3 hal yang menjadi penentu Kesuksesan dalam marketing media sosial :

  1. Kualitas konten
  2. Pemilihan waktu posting
  3. Frekuensi posting

Meskipun kualitasnya tinggi, tapi kalau anda salah dalam memilih waktu maka hasilnya akan kurang maksimal. Demikian pula untuk frekuensi/jumlah.

Kita sudah mengenal beberapa jenis konten: teks, link, gambar, dan video.

Teks, link, gambar, dan video ternyata tidak semua jenis konten tersebut akan mendapatkan jumlah interaksi yang sama.

Kenyataannya konten jenis tertentu akan mendapatkan lebih banyak like/share/retweet.

Perlu anda ketahui bahwa Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya.

Menentukan media sosial, menemukan karakter media sosial, dan menyusun strategi konten untuk media sosial adalah jalan terbaik untuk mencapai tujuan marketing media sosial.

Baca juga: 4 Langkah Cepat Memulai Facebook Marketing

COMMPASS DIGITAL memilih untuk melibatkan diri untuk menjadi bagian dari penyusun strategi marketing media sosial perusahaan anda. Dengan komponen staff yang ahli dibidangnya kami yakin bahwa kami dapat bersinergi dengan baik dengan perusahaan anda untuk kemajuan bersama.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar