Blog

Optimalisasi 3 Fungsi Digital Marketing Untuk Bisnis

Fungsi Digital Marketing atau Pemasaran secara digital dalam upaya meningkatkan jangkauan pemasaran melalui perangkat elektronik atau internet

Optimalkan 3 Fungsi Digital Marketing Untuk Peningkatan Profit Bisnis

Sebelum melangkah kepada pembahasan fungsi Digital Marketing, terlebih dulu saya ajak anda untuk mengetahui definisi singkat digital marketing.

Digital Marketing atau Pemasaran secara digital ialah seluruh upaya pemasaran melalui perangkat elektronik melalui internet dengan menerapakan berbagai strategi marketing dan media digital sehingga sekalipun komunikasi dijalankan dari jarak jauh, bisnis tetap bisa dijalankan sesuai system yang sudah dibuat.

Adapun media untuk akses berkomunikasi dan proses jual beli anda bisa menggunakan media seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb.

Sebagai cara untuk menarik minat pembeli melalui digital marketing. Anda bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.

Tugas utama sebagai seorang digital marketer yaitu memastikan fungsi digital marketing tetap berjalan, kemudian bertanggung jawab untuk mengangkat brand (brand awareness) dan mengumpulkan data customer (lead generation)

Melalui semua media gratis dan berbayar yang digunakan. Media ini termasuk Google media sosial, iklan, situs web Anda, dan email.

Digital marketer biasanya berfokus untuk membuat system kerja digital marketing dengan sistem digital/online/internet.

Digital Marketer yang bertanggung jawab atas SEO, misalnya, mengukur pengunjung yang datang ke web anda tanpa iklan berbayar yakni, mereka masuk melalui mesin pencarian. Pengunjunga datang ini dinakan (traffic Organic).

Saya akan memperkenalkan kepada anda beberapa fungsi dari Digital marketing dan masing masing  memiliki peran tersendiri, hal ini berlaku baik pada perusahaan kecil ataupun perusahaan besar, yaitu:

Search Engine Optimization (SEO)

SEO Ini adalah suatu upaya atau proses dalam mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapat “peringkat” paling tinggi pada halaman pertama hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah traffic organik (tanpa berbayar) yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO diantaranya:

  •         Website
  •         Infografis
  •         Blogs

Praktek-praktek ini dan metode yang biasanya didasarkan pada aturan dan praktik terbaik yang disediakan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mesin pencari utama lainnya.

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi SEO meliputi: judul halaman web (Artikel atau Post Judul dalam banyak kasus), struktur URL (bagaimana deskripsi yang baik), berapa panjang dan pentingnya konten, dan banyak faktor lainnya yang lebih mendetail.

Tujuan dari praktek-praktek terbaik adalah untuk membuat halaman web lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan mengindeks tepat dari halaman web informasi.

Konten Marketing

Kesuksesan dalam menjalankan strategi konten marketing atau pemasaran konten adalah dengan mengikuti dan memahami tren yang muncul setiap tahun dalam kaidah digital marketing.

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran diantaranya:

  •         Brosur Online
  •         Ebook dan Artikel
  •         Infografis
  •         Postingan Blog

Jenis postingan apapun yang terorganisir dengan baik dan dirancang dengan baik juga akan membantu menjaga para pengunjung untuk membaca tulisan Anda dan memiliki peluang besar untuk dibagikan ke sosial media mereka.

Marketing media sosial

Media Sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi dan mendengarkan pendapat pelanggan/klien. Media sosial memungkinkan pelanggan/konsumen/klien berkomunikasi langsung, mengkritisi, memberi masukan, juga mempromosikan produk/jasa.

Marketing Media Sosial adalah upaya yang dilakukan oleh bagian digital marketing perusahaan atau humas instansi untuk membuat video, gambar, tulisan, grafik, atau posting di akun media sosial lembaga guna mempromosikan produk/jasa.

Dalam prakteknya adalah mempromosikan merek dan konten Anda di media untuk mengendalikan traffic, meningkatkan brand awareness, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang digunakan dalam digital marketing media sosial diantaranya:

  •         facebook
  •         Instagram
  •         Twitter
  •         LinkedIn
  •         Snapchat
  •         Pinterest
  •         Google+

Keberhasilan mengoptimalkan marketing di Media Sosial adalah salah satu fungsi digital marketing yang saat ini diyakini oleh banyak pelaku marketing sebagai cara memberikan Anda akses secara langsung terhubung dengan audiens dan memungkinkan mereka untuk terlibat dalam berkomunikasi dengan bisnis Anda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam marketing media sosial tentunya diperlukan proses dan ketekunan dalam belajar dan mempraktekkannya. Jika anda adalah pemula dalam dunia digital marketing anda bisa akses materi ini Startup Digital Marketing Harus Menghindari 3 Hal Ini Jika Ingin Sukses

COMMPASS DIGITAL adalah perusahaan yang bergerak di bidang virtual assistant yang memahami betul kebutuhan pebisnis dalam  mengoptimaliasi fungsi digital sebagai salah satu faktor dalam meningkatkan profit bisnis. Digital marketing adalah salah satu spesialisasi dalam pekerjaan kami yang sering kami kerjakan.

[table id=1 /]

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *