Blog

3 Cara Jitu Menggunakan Media Sosial untuk UMKM

3 Cara Jitu Menggunakan Media Sosial untuk UMKM

Jika Anda baru saja akan memulai social marketing pada UMKM dan menginginkan kesuksesan dalam menjalankan media sosial sebagai salah satu fasilitas marketing Anda maka Anda harus memahami 3 hal yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Bacalah perlahan dan temukan berbagai arahan materi yang harus dilalui oleh para pemula dalam mengembangkan media sosial marketing khusus untuk UMKM.

3 Cara Jitu Menggunakan Media Sosial untuk UMKM

Langkah I. Identifikasi Tujuan, Karakter Bisnis, dan Target Audiens

Ketika keteraturan dalam media sosial terjadi, maka akan berdampak baik pada kinerja socia media marketing dan itu bisa terwujud dengan melaksanakan perencanaan yang matang. Dan akan jauh berbeda hasilnya saat media sosial marketing dijalankan tidak berpola.

Untuk memulainya maka, dapat mulai dengan menulis apa tujuan bisnis Anda, sehingga saat Anda menyusun perencanaan media sosial marketing terjadi keselarasan dan tidak keluar dari tujuan bisnis tersebut.

#Keselarasan media sosial marketing dengan tujuan Bisnis

Jika Anda mempunyai bisnis kedai bakso, boleh jadi Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic / kunjungan pelanggan kedai bakso Anda.

Maka bentuk tujuan media sosial marketing Anda ialah menemukan cara bagaimana calon pelanggan mengetahui kedai bakso Anda dan memancing hasrat lebih banyak audiens baru untuk mengetahui sehingga mereka berbondong-bondong datang ke tempat di mana kedai bakso Anda beroperasi.

#Menentukan karakter bisnis

Karakter bisnis adalah ciri khas seseorang yang mencerminkan sesuatu yang identik dengan pribadinya yang dihubungkan dengan bisnis yang Anda saat ini sedang kembangkan, sehingga dengan begitu pelanggan akan memberi pAndangan sendiri terhadap bisnis Anda ketika berkomunikasi hingga terjadinya transaksi dalam interaksi secara  online.

Karakter bisnis Anda harus muncul pada media sosial yang Anda bangun, sebab dengan memunculkan karakter sendiri sebagai ciri khas, bisnis Anda akan memiliki branding yang kuat dalam benak calon pelanggan Anda.

#Menetapkan siapa calon pelanggan Anda (segementasi pasar)

Saat Anda mengetahui target customer Anda baik dari usia, minat, pendapatan, masalah, hambatan, hal yang disukai, kebiasaan, hal tak disukai, motivasi, gadget, dan sebagainya, akan membantu Anda merancang promosi dan memproduksi konten, jika masih bingung dalam menentukan hal ini Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan digital marketing.

Langkah II Melakukan identifikasi platform yang sesuai

Banyak pebisnis secara frontal menggunakan lebih dari satu platform media sosial untuk kepentingan digital marketingnya. Memang tidak ada salahnya menggunakan semua platfrom, asalkan dapat memaksimalkannya. Namun faktanya, bagi yang baru pertama memulai, untuk mengoptimalkan satu platform saja membutuhkan banyak waktu dan energi yang tidak sedikit.

Mulailah meluangkan waktu untuk menganalisa platform media sosial yang saat ini popular, fahami segala aktifitasnya, catatlah berbagai pertimbangan yang sesuai dengan target digital marketing Anda dan rasakanlah bagaimana platform tersebut beroperasi sebelum Anda memutuskan platform mana yang akan Anda optimasi dalam membantu proses marketing digital perusahaan Anda kedepannya.

Langkah III Menggunakan tools manajemen media sosial

Setelah menentukan platform dan menumbuhkembangkan strategi media sosial, langkah berikutnya adalah memilih tools manajemen media sosial yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih tools yang tepat Anda bisa terbantu dan meraih hasil maksimal dari strategi media sosial yang ditetapkan juga dengan waktu yang relatif lebih hemat.

Terdapat beberapa fitur yang dapat membantu UMKM dalam menerapkan strategi digital marketing dan memungkinkan mendapat hasil baik sebab fasilitas ini membantu Anda dalam memahami calon customer Anda, menghasilkan laporan kinerja, memonitor mention brand/merk beserta kata kuncinya, bahkan menciptakan konten.

Beberapa tools manajemen media sosial pun memberikan data statistik yang bisa Anda pantau dalam kurun waktu tertentu. Sehingga pertumbuhan dapat termonitor, apakah sudah sesuai dengan tujuan atau belum. Anda dapat mengetahui sisi mana saja yang harus mendapatkan perbaikan dan evaluasi.

Apabila Anda memilih untuk bermitra dengan tim profesional yang akan menghandle seluruh pekerjaan marketing media sosial bisnis Anda, maka tidak perlu untuk menggunakan tools tersebut. Karena mitra Anda yang akan melakukan semuanya, mengontrol, memastikan konten berjalan sesuai dengan target pencapaian marketing media sosial.

Baca juga: Membuat Marketing Plan di Media Sosial

Mencari jasa manajemen dan analisa media sosial?

Commpass Digital adalah salah satu vendor digital marketing yang melayani berbagai kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari jasa SEO, advertising, dan termasuk salah satunya jasa manajemen media sosial. Selain bergerak dalam bidang digital, Commpass juga bergerak dalam penyelenggaraan event. Beberapa event yang pernah digarap adalah event otomotif.

[table id=1 /]

 

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *