Blog

2 Prinsip Manajemen Digital Advertising yang Harus Dikuasai di Tahun 2019

2 Prinsip Manajemen Digital Advertising

2 Prinsip Manajemen Digital Advertising

Istilah digital advertising lekat sekali dengan istilah digital marketing. Bagaimana tidak, peran dan tahapan pekerjaannya saling berkaitan satu sama lain.

Digital Advertising memiliki peran penting dalam kesuksesan digital marketing. Ketika Anda menyusun strategi digital marketing untuk satu periode tertentu, maka perangkat yang berhubungan dengan digital advertising pun harus dirancang dengan baik.

Singkatnya, jika dikatakan bahwa digital marketing adalah serumpun konsep pemasaran sebuah produk maka, digital advertising berperan sebagai alat pengejawantahan dari konsep tersebut.

Dengan kata lain, lahirnya konsep digital advertising pasti di awali oleh terciptanya strategi digital marketing.

Sampai sini faham ya..

Definisi Advertising

Wikipedia mendefinisikan bahwa Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat, usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

Perlu diketahui bahwa trend digital advertising di Indonesia saat ini mulai mengalami pertumbuhan yang signifikan. Terbukti dari maraknya perusahaan memasarkan produk atau jasa mereka dengan menggunakan media digital.

Sebuah survey yang dilakukan oleh We Are Social, pada tahun 2016 Indonesia memiliki lebih dari 88 juta pengguna internet. Demografi negara Indonesia adalah dibawah usia 30, dan selalu tertarik dengan semua hal baru mengenai trend dunia digital terbaru.

Meningkatnya jumlah pengguna internet ini membuat Indonesia menjadi tempat yang nyaman bagi pemasar digital dan ramai-ramai membentuk manajemen digital advertising.

Adanya peningkatan ini pun memunculkan persaingan diantara marketer digital, maka sebagai solusi awal adalah membuat manajemen digital advertising.

Dengan perkembangan digital advertising tersebut tentu saja akan membantu proses pemasaran produk atau jasa dalam menjangkau konsumen mereka.

Saat Anda melakukan pemasaran dengan menggunakan media digital, Anda bisa melakukan analisis sehingga dapat mengetahui sejauhmana pengaruh iklan yang anda buat.

Dan memungkinkan anda untuk dapat mengukur keberhasilan sebuah iklan dari proses pemasaran yang berjalan.

Manajemen Digital Advertising

Memenej berarti mengelola sesuatu agar menjadi optimal dalam perkembangan. Pada bahasan ini yang dikelola adalah iklan istilah lainnya advertising  melalui pola-pola digitalisasi. Karyawan advertising agency dengan berbagai spesialisasi pada mulanya berkumpul bersama-sama untuk merencanakan dan melaksanakan kampanye iklan untuk klien mereka.

Pada tahap perencanaan kampanye, staf manajerial menentukan orientasi konsep iklan sesuai keinginan klien, serta menetapkan tujuan dan mengidentifikasi segment yang dituju dengan menggunakan analisis riset pasar.

Setelah tahap perencanaan awal, selanjutnya adalah proses pelimpahan tugas pada staf ahli bidang keahlian masing-masing.

Staf manajerial memberikan pengawasan untuk proyek tersebut, sedangkan untuk tim kreatif dan pemegang akun ditangani secara terpisah.

Desainer grafis, copywriter, web designer, pembuat film dan fotographer akan bertanggung jawab dalam menangani pekerjaan kreatif untuk kampanye iklan klien.

Maka administrator bisnis, pembeli dan manajer account bekerja pula pada bagian kreatif dan masuk ke dalam rencana bisnis.

Secara Bersama-sama, seluruh tim memastikan konten iklan yang diproduksi bisa audiens tangkap esensi pesannya dan tentunya disesuaikan dengan budget keuangan dan waktu ysng secara tetap sesuai dengan tujuan dari kampanye.

Tim Kreatif Advertising

Advertising agency menggunakan berbagai staf untuk memberikan layanan kepada klien mereka. Desainer grafis, fotografer dan pembuat film membuat karya seni eye-catching untuk menemani elemen tertulis dari kampanye.

Beberapa desainer bekerja di media baru, di mana mereka merancang dan memelihara halaman Web, blog dan bentuk lain dari interaktif, penjangkauan online yang mengarahkan lalu lintas ke sebuah organisasi.

Karyawan yang bekerja pada divisi manajemen akun sebuah instansi, bekerja untuk memastikan karya kreatif tetap konsisten dengan pesan disepakati oleh klien dan lembaga.

Tim Branding

Tujuan utama sebuah advertising agency adalah untuk membangun atau mendukung branding yang kuat untuk klien melalui kampanye mereka.

Branding mengacu pada bagaimana pesan yang disajikan dalam iklan sampai pada benak audiens sehingga nama/merk perusahaan penyedia produk atau jasa dikenal lebih meluas dan membekas.

Manajemen digital advertising diarahkan pula untuk membantu perusahaan dengan upaya branding, meneliti respone konsumen advertising agency, kemudian bekerja untuk membuat slogan yang memukau perasaaan, dan memberi kesan, mengemas bahasa, tema dan iklan yang melekat sebagai bagian dari konsep sebelumnya.

Saat sebuah merek perusahaan tumbuh berkembang dan dikenal secara meluas maka akan berpengaruh pada tingkat penjualan, memperoleh dukungan dan memiliki kredibilitas yang tinggi, yang memungkinkan pula akan mempengaruhi peningkatan klien dari lembaga-lembaga lainnya, sebab efektivitas pekerjaan yang dilakukan sangat terukur.

Digital Marketing Sebagai Penentu Segmentasi Pasar

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan cara untuk sebuah brand atau produk menggunakan media digital.

Media digital termasuk di antaranya seperti televisi, radio, internet, mobile, jejaring sosial, dsb.

Sebagai cara untuk memahami karakter target audiens dan juga trend digital marketing advertising Indonesia saat ini, Anda bisa menyimak satu judul bahasan tentang bagaimana memulai untuk membangun media sosial marketing dari nol.

Dengan melakukan digital marketing advertising, Perusahaan juga dapat menargetkan audiens menjadi lebih spesifik, bukan hanya berdasarkan gender atau demografi tetapi juga berdasarkan kebutuhan, profesi dan bahkan keinginan dari audiens terhadap suatu produk atau jasa.

Ketika melakukan digital marketing advertising, semua itu bukan hanya mengenai media, tetapi juga mengenai bagaimana produk atau jasa anda melakukan komunikasi dengan audiens.

Saat akan membuat sebuah blog maupun website perusahaan dan membuat viral video marketing, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan advertising.

COMMPASS DIGITAL adalah perusahaan digital advertising membantu Anda untuk dapat bersaing dan berhasil di era digital, dengan harapan mampu mencapai target pasar yang lebih baik, meningkatkan penjualan, dan membangun digital branding dengan biaya yang lebih efisien.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar