Blog

2 Kesalahan Membuat Konten Marketing yang Harus Dihindari

Bandingkan dengan sebuah bisnis yang tidak memiliki strategi konten marketing. Mereka hanya membuat konten yang isinya tentang produk/layanan mereka sendiri lengkap dan mendominasi

2 Faktor Penyebab Kegagalan Konten Marketing

Seperti yang kita fahami bersama bahwa marketing konvensional memakan biaya yang tidak sedikit demi dalam upaya menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan. Cara yang biasa digunakan untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya biasanya dengan cara memasang poster, iklan di media cetak, bagi-bagi brosur hingga melakukan door to door.

Berbeda halnya dengan content marketing, kecenderungannya adalah Anda yang dicari calon konsumen.

Sebab dalam benak dan pikiran mereka anda punya nilai lebih dari konten yang telah anda bagikan dan terasa manfaatnya bagi mereka.

Dari rasa kebermanfaatan tersebut maka calon konsumen akan berbondong-bondong mencari anda dengan tujuan mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka miliki. Akhirnya beberapa dari mereka berpotensi akan menjadi pelanggan anda.

Itu sebabnya content marketing jadi sangat efektif dibanding pola kerja marketing ortodok.

Namun sekalipun dinilai efektif, pada prakteknya banyak pula yang belum memahami dalam alur kerja konten marketing. Sehingga upayanya tidak mendapatkan hasil.

Konten marketing bukan sekedar membuat konten biasa yang dibuat asal-asalan.

Maka anda harus  pelajari terlebih dahulu 5 Penyebab Turunnya Omset Bisnis Online.

Konten marketing adalah strategi pemasaran saat dimana kita menyusun rencana, memproduksi konten, kemudian mendistribusikan konten tersebut. Dengan tujuan untuk menarik minat calon konsumen yang tepat sasaran sehingga dari konten yang dibuat akan mendorong calon konsumen menjadi pelanggan Anda. (konsumen tetap)

Secara konsep, terdapat 2 kesalahfahaman tentang konten marketing :

Memandang Konten Marketing Sama dengan Promosi Konten

Seorang pemula mengatakan bahwa konten marketing sama artinya dengan mempromosikan konten

Kenyataannya Bukan seperti itu, konten marketing sangat kompleks bukan cuma tentang promosi saja.

Konten marketing mencakup proses tentang bagaimana menyusun perencanaan, pembuatan, serta  analisanya.

Dalam marketing kita pun mengenal istilah marketing funnel atau purchasing funnel. Yakni berbagai tahapan yang dilalui oleh seorang calon kustomer mulai dari mengenali produk hingga keputusan pembelian produk.

Menganggap Konten Marketing adalah Konten Penjualan

Hal ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemula dalam bisnis yang melakukan konten marketing.

Letak kesalahannya adalah ketika audiens secara fronal ditawari produk tanpa sebelumnya mengetahui seluk beluk prduk yang hendak ditawarkan.

Secara otomatis menimbulkan peluang penolakan dari objek yang kita tawari produk, karna mereka merasa belum teredukasi dengan baik.

Ketika seseorang mencari informasi tentang permasalahannya, serta solusi yang tepat.

Maka dari itu, konten dalam konten marketing mestinya di dominasi oleh informasi dan panduan yang memberikan solusi atas permasalahan.

Dari informasi tersebut, objek  yang mencari akan mulai mengenal anda.

Setelah itu, baru kemudian anda bisa mendorong pencari informasi untuk melakukan pembelian.

Artinya, dalam konten marketing kita akan menyediakan konten untuk masing-masing tahap dalam marketing funnel.

Contohnya seperti ini:

  1. Awareness: Sediakan konten yang menyelesaikan permasalahan besar dari orang-orang yang menjadi target pasar anda, tanpa unsur penjualan sama sekali. Tujuannya untuk menarik perhatian mereka dan meningkatkan reputasi anda di mata mereka.
  2. Evaluation: Berikan konten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelaskan bahwa produk/layanan anda adalah solusi utamanya.
  3. Purchase: Dalam tahap ini barulah anda membuat konten yang bisa memancing penjualan.

Jika kita perhatikan ketiga hal diatas, sangat minim sekali hal-hal yang berisi penjualan. Ketiga hal diatas merupakan strategi yang disuguhkan kepada audiens sebagai bagian dari upaya meyakinkan audiens untuk tertarik membeli atau menggunakan jasa produk Anda hingga membuatnya menjadi pelanggan tetap.

Bandingkan dengan sebuah bisnis yang tidak memiliki strategi konten marketing. Mereka hanya membuat konten yang isinya tentang produk/layanan mereka sendiri lengkap dan mendominasi…

Hal ini tentu saja yang tidak didambakan oleh calon pelanggan anda. Jika hal ini masih dilakukan

Akibatnya, calon pelanggan anda tidak akan menemukan bisnis anda, kedua mereka tidak akan tertarik untuk membeli produk atau layanan dari anda.

Bayangkan betapa terganggunya anda jika anda bertemu orang yang tidak dikenal, dan orang ini setiap hari hanya menawarkan produk yang mereka jual kepada anda.

ada 3 hal positif bagi anda yang mengoptimalkan konten marketing dalam bisnis anda:

  1. Memiliki peluang besar mendapatkan calon pelanggan baru
  2. Membangun rasa percaya dari calon pelanggan anda
  3. Berpotensi meningkatnya transaksi penjualan
  4. Sebenarnya konten marketing ini mudah sekali untuk dipahami, coba kita berfikir positif dulu. Namun apabila kita melihat hasilnya, ada perbedaan yang besar antara mereka yang paham prinsip dengan mereka yang tidak memahami.

Baca juga: 4 Teknik Promosi Bisnis di Internet yang Harus Diketahui Pemilik Usaha

COMMPASS DIGITAL adalah perusahaan yang memahami betul tentang bagaimana menyusun perencanaan, membuat, dan mempromosikan konten dari bisnis anda, merupakan pilihan tepat jika Anda memutuskan untuk bersinergi bersama Commpass.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar