Blog

Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda? Simak 2 Alasannya

Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda?

Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda? Simak 2 Alasannya

Aktivitas branding atau membangun merek (brand) mungkin bukan hal pertama yang terpikir di benak banyak pelaku bisnis kecil & menengah di Indonesia. Terutama pemilik toko online. Branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Dalam benak para pelaku toko online biasanya yang penting bisnisnya hidup dulu, jualannya laris dulu.”

Ini adalah kalimat yang sering saya dengar berulang, saat ngobrol dengan beberapa pemilik toko online.

Padalah, brand bisa berpengaruh besar ke penjualan online.

2 Pengaruh Terbesar Brand Dalam Penjualan Online

Ini dia 2 pengaruh besar yang menurut saya bisa langsung terlihat:

Pertama: Memangkas Customer Journey

Memiliki brand yang sudah dikenal dan dipercaya, juga akan semakin menyederhanakan proses perjalanan seseorang untuk menjadi pembeli (customer journey).

Contohnya, jika seseorang belum mengenal brand Anda, maka bisa jadi prosesnya dari mulai menemukan produk Anda, sampai ia membeli itu seperti ini:

  • Melihat postingan produk Anda di social media.
  • Pergi ke website Anda.
  • Mencari-cari review produk (atau mungkin testimoni dari yang sudah menggunakan).
  • Kembali ke website Anda.
  • Ngobrol/ chat dengan tim customer service, dan bertanya-tanya.
  • Membandingkan belanja di tempat Anda dengan belanja di tempat lain.
  • Kembali lagi chat dengan tim customer service untuk menanyakan garansi.
  • Kembali lagi ke website Anda karena melihat iklan retargetting Anda di Instagram.
  • Beli.

Karenanya, biasanya sebuah bisnis membutuhkan proses penjualan yang biasa disebut sales funnel untuk mengubah “pengunjung website biasa” menjadi pembeli.

Sebaliknya, jika seseorang sudah mengenal brand Anda, maka prosesnya bisa sangat singkat.

Bisa jadi hanya 2 langkah: Lihat produk > beli.

Inilah kenapa seseorang dengan status selebritis, bisa dengan mudah menjual sesuatu. Syahrini pernah menjual habis 5000 mukena seharga Rp.3,5 juta (termurah). Salah satu alasannya adalah orang tidak perlu lagi kenalan dengan produknya. Brand nya sudah sangat dipercaya.

Dalam dunia bisnis online, semakin panjang customer journey seorang pelanggan Anda, maka akan semakin mahal biaya akuisisinya.

Jika brand Anda belum dikenal, bisa jadi kunjungan pertama seseorang ke website Anda tidak akan langsung menghasilkan penjualan. Kemungkinan Anda harus mengeluarkan biaya iklan extra (untuk retargetting, follow up, dll) sebelum akhirnya seseorang terkonversi menjadi pembeli.

Dalam dunia online, brand yang dipercaya akan membantu memangkas proses jualannya menjadi lebih pendek. Yang artinya, biaya untuk mengakuisisi pembeli Anda bisa jauh lebih murah.

Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda? Simak 2 Alasannya

Kedua: Brand = Margin

Pengaruh terbesar brand dalam penjualan online yang pertama adalah bahwa brand itu sama dengan margin. Maksudnya bagaimana? Mungkin tweet dari Ryan Deiss ini bisa merangkum dengan cukup baik, bagaimana brand akan berpengaruh ke margin.

Semakin dikenal sebuah brand, maka akan semakin terbebas produknya dari perang harga.

Merek yang dikenal dan sudah dipercaya akan bisa lebih fleksibel menentukan harga jual produknya, tanpa harus terlalu memperhatikan berapa harga yang ditetapkan oleh kompetitor.

Si pemilik brand juga tidak harus terlalu pusing mengkalkulasi biaya produksi, karena penetapan harga tidak melulu berdasarkan biaya, melainkan bisa juga menggunakan pendekatan persepsi dan kepercayaan yang sudah terbentuk di masyarakat.

Haruskah Membangun Brand untuk Jualan Online Anda? Simak 2 Alasannya

Branding Tentu Butuh Waktu

Untuk mendapatkan pengaruh branding dalam penjualan online ini prosesnya tidak bisa instan. Ada 2 hal utama yang menurut saya dibutuhkan dalam proses branding, yaitu waktu dan konsistensi inilah hal yang harus dipertimbangkan dalam Membangun Brand untuk Jualan Online.

Ini juga merupakan tantangan yang menurut saya yang banyak membuat pemilik bisnis menjadi malas, atau tidak sabar dalam membangun brand.

Tidak ada brand besar yang lahir dalam satu malam. Sebuah bisnis harus bertahan cukup lama sampai brand tersebut diterima dan dipercaya oleh masyarakat.

Branding & Email Marketing

Ada 2 komponen dalam email marketing yang harus Anda perhatikan dalam proses Membangun Brand untuk Jualan Online Anda.

Siapa yang mengirim email

Komponen pertama yang harus Anda perhatikan dalam proses membangun brand adalah siapa yang mengirim email.

Ada saatnya dimana siapa yang mengirim email lebih penting daripada apa isi emailnya.

Isi inbox email pelanggan Anda sudah penuh dengan pesan dan promosi dari banyak orang. Jika nama Anda sudah dikenal oleh mereka, maka email Anda bisa dengan mudah menonjol ditengah semua email-email tersebut.

Seberapa sering Anda mengirimkan email

Dalam Membangun Brand untuk Jualan Online Komponen pertama yang harus Anda perhatikan dalam proses membangun brand adalah seberapa sering Anda mengirimkan emailnya.

Email yang bagus saja tidak cukup, Anda harus mengirimkannya sesering yang Anda bisa. Umum sekali seseorang berhenti berlangganan (unsubscribe dalam email marketing) itu hanya karena ia lupa siapa Anda. Dan alasan terbesar seseorang lupa dengan kita, adalah karena kita kurang sering muncul didalam inbox nya. Kirimkan email promosi yang bagus, dan sering.

Untuk menambah wawasan tentang cara Membangun Brand di Instagram, Anda bisa membaca : 3 Trik Instagram Marketing 2019 Untuk Branding

Apabila Anda membutuhkan jasa profesional untuk optimasi akun instagram dapat menghubungi Commpass Digital. Tim Commpass akan meninjau profil bisnis Anda dan juga membuat perencanaan menyeluruh untuk peningkatan branding melalui media sosial yang diinginkan.

Sekilas Tentang Commpass Digital


Commpass Digital telah berdiri sejak tahun 2014, pada mulanya bergerak dalam bidang event organizer khususnya dalam bidang otomotif. Pada beberapa kesempatan terlibat sebagai partner beberapa perusahaan dan instansi seperti PT Djarum Super, PT Daya Adicipta Motora, Variasi MX, Polda Jabar, Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung dll, dalam realisasi event reguler mereka.

Kreativitas merupakan kunci utama yang selalu kami munculkan dalam merancang setiap pekerjaan dan setiap pemecahan masalah. Setelah melalui berbagai proses yang sudah berjalan, Commpass berkomitmen untuk bekerja secara profesional sesuai dengan goal yang diinginkan oleh klien. Commpass sangat membuka diri untuk ikut terlibat dan berkontribusi dalam perencanaan dan pelaksanaan setiap pemecahan problem yang Anda targetkan. Goal bisnis Anda adalah misi utama yang harus kami selesaikan secara profesional. Jika dibutuhkan report bisa kami berikan setiap minggu ataupun akhir bulan.

Kontak Perusahaan


Untuk mendapatkan penawaran ataupun informasi dasar yang Anda butuhkan, silahkan hubungi kami melalui :

Email official@commpass.co.id
Instagram @commpass.digital
Facebook https://fb.me/commpass.digital

Atau silahkan untuk datang langsung ke alamat kantor kami di
Jl Ciwastra Komp Jingga Residence Blok R6 Ruko AA Lt.2 Bandung


Berlangganan Artikel

Silahkan isi data berikut ini untuk mendapatkan update tips dan info terbaru


Apakah artikel ini bermanfaat?

Berikan penilaian Anda

Rata-rata nilai / 5. Hasil

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar